Lapas IIB Sintang Dapat Hibah Dua Ruangan Baru

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan bantuan pembangunan dua ruangang baru di Lapas Kelas II B Sintang. Dua ruangan baru ini untuk meminimalisir over kapasitas yang selama ini menjadi problem di Lapas tersebut.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, Jumlah warga binaan di lapas IIB Sintang sudah membludak, sehingga tempat yang tersedia tidak representatif untuk menampung warga binaan.

“Namun kita tahu dua lokal itu  belum bisa menyelesaikan masalah overcapacity yang terjadi di lapas Sintang tetapi paling tidak dapat mengurangi,” Kata Jarot.

Menteri Humum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Sintang atas bantuan hiba dua ruangan baru di lapas II B Sintang.  Lapas tersebut juga menampung warga binaan dari luar kabupaten Sintang.

“saya ucapkan terima kasih atas hibah ini. Tadi saya lihat tempat perempuan itu sudah sangat, sangat kecil sekali dan sangat kurang memadai.  Mudah-mudahan, meski sementara, dapat membantu kita melonggarkan situasi kita di dalam lapas,” ujarnya saat meninjau Lapas IIB Sintang didampingi Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M.,MH  pada, Sabtu (27/10/2018).

Pada kesempatan itu juga, Menteri Yasonna juga menyampaikan pujian atas pengurusan lapas Sintang. Beliau juga mengingatkan untuk bahaya narkoba di lapas, ia berharap para sipir di lapas Sintang memperhatikan hal tersebut.

“jangan sampai petugas lapas terlibat dalam penyalahgunaan narkoba,” pesannya.

Senada dengan Menteri Yosanna, Wakil DPRD Kabupaten Sintang Terry Ibrahim juga berterimakasih kepada Pemkab Sintang atas bantuan dua ruangan di Lapas. Bantuan tersebut kata dia merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah dalam membantu memulihkan warga binaan di lapas.

“memang yang kita ketahui, ruangan untuk warga binaan dilapas Sintang ini sudah  tidak mampu menampung warga binaan yang ada. Perbandingan ruangan dan warga binaan sangat-sangat jauh, apalagi lapas ini menampung warga binaan dari kabupaten lain.” Ujarnya.

Seiring kedatangan Menteri Yosanna, Politisi Nasdem ini berharap ada juga perhatian pemerintah pusat terkait terbatasnya lokal di Lapas II Sintang ini.

“Mereka sudah melihat langsung keadaan disini, tentu kita harapkan ada solusi untuk keterbatasan ruangan yang sudah menjadi problem lama di lapas Sintang ini,” pungkasnya. (*)

__Terbit pada
27/10/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya