Hadiri Business Matching Produk Dalam Negeri Tahap V di Jakarta, Ini Komentar Wabup Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., menghadiri pembukaan Business Matching Produk dalam negeri tahap V serta penyerahan penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, hal ini diselenggarakan berdasarkan dalam rangka percepatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi untuk menyukseskan gerakan nasional bangga buatan indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang / jasa pemerintah, yang dilaksanakan di Istora Senayan Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023.

Wakil Bupati Sintang usai kegiatan menjelaskan sangat mendukung program Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang mulai mendorong daerah untuk menggunakan produk dalam negeri dalam rangka mendorong perekonomian nasional.

“Pemkab Sintang sangat mendukung program ini. Kita akan mulai mendorong agar belanja-belanja Pemda Sintang bisa menggunakan produk dalam negeri yang dibuat oleh anak bangsa sendiri. Tidak perlu belanja produk impor” terang Melkianus Wabup Sintang.

“Sintang, bisa belanja produk yang dihasilkan oleh UMKM Sintang sendiri. Tidak perlu beli produk luar sintang. Kecuali, produk tersebut belum ada di buat oleh orang atau UMKM Sintang” terang Melkianus Wabup Sintang.

Sementara Presiden RI H. Joko Widodo menyampaikan apresiasi para peraih penghargaan yang telah menggunakan produk dalam negeri untuk pengadaan barang dan jasa. Ia berharap kedepan instansi pemerintah akan terus meningkatkan kedisiplinan implementasi dan realisasi produk dalam negeri.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mengarusutamakan agenda Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) secara nasional. Pelaksanaan kewajiban penggunaan produk dalam negeri ini bertujuan memberdayakan industri dalam negeri dan memperkuat struktur industri nasional dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Salah satu upaya yang ditempuh Kemenperin adalah dengan kembali menyelenggarakan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di tahun 2023. Pelaksanaan agenda tersebut merujuk pada keberhasilan penyelenggaraan Business Matching di tahun sebelumnya serta melanjutkan progress program P3DN sepanjang tahun 2022.

“Menilik pelaksanaan Business Matching Produk Dalam Negeri tahun 2022, sekaligus memperhatikan tantangan yang masih harus dilalui, Kemenperin menilai pelaksanaan kegiatan koordinatif sejenis untuk implementasi program P3DN secara nasional perlu dilanjutkan,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo di Jakarta, Senin (13/3).

Menurut Dody, peningkatan yang perlu dilakukan terhadap implementasi program P3DN meliputi penegasan pada tahapan perencanaan untuk memastikan kemampuan industri dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pengadaan. Kemudian, perincian pada paket pengadaan yang diajukan dalam pengadaan untuk memastikan bahwa komponen produk pada paket tersebut juga diisi oleh produk dalam negeri. Lebih lanjut, perlu dipastikan bahwa realisasi belanja produk dalam negeri memang telah benar menggunakan produk yang memiliki TKDN sesuai dengan nilai yang telah diterbitkan.

“Selain itu, masih terdapat isu-isu lain yang perlu dikaji dan diselesaikan untuk semakin memperdalam penggunaan produk dalam negeri (PDN) hingga menjadi sebuah kenormalan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah,” paparnya.

(RILIS PROKOPIM)

__Terbit pada
19/03/2023
__Kategori
Sintang