Bupati Sintang Hadiri Deklarasi 10 Desa ODF Pilar 1-3 STBM di Desa Paoh Desa

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten III bidang Administrasi Umum dr. Harysinto Linoh, M.M menghadiri kegiatan deklarasi 10 desa Open Defecation Free (ODF) pilar 1-3 Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dipusatkan di Desa Paoh Desa, Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang, Kamis, 16 Maret 2023.

Dalam sambutannya Asisten III bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh, MM., menyampaikan ucapan selamat kepada 10 Desa di Kecamatan Kayan Hilir yang sudah mendeklarasikan desanya menjadi desa ODF, “saya ucapkan selamat kepada 10 desa yang telah mendeklarasikan ODF, tentu tidak mudah perjuangan untuk ODF ini, jadi dengan ODF semua rumah sudah memiliki toilet, tidak adalagi yang namanya perilaku Buang Air Besar sembarangan, dengan ODF ini kita merubah perilaku gaya hidup bersih, selalu mencuci tangan sebelum makan, tidak buang air besar sembarangan”, ujar dr. Harysinto Linoh.

“dengan sudah terlaksananya deklarasi ODF ini, maka masyarakat bersama-sama kita jaga fasilitas yang ada di Desa, disini jalan sudah bagus, punya air bersih, yang paling penting perilaku diubah, saya minta kepada Puskesmas untuk terus memberikan pendampingan untuk terus melaksanakan gaya hidup sehat, bersih”, tambah dr. Harysinto Linoh.

Lanjut Asisten III bidang Administrasi Umum Sekda Sintang, bahwa kedepannya desa-desa yang ada di Kecamatan Kayan Hilir ini dapat melakukan deklarasi ODF, “hari ini untuk 10 Desa yang deklarasi, hanya baru 3 pilar STBM saja yang dideklarasikan, pertama stop BAB sembarangan, kedua selalu mencuci tangan pakai sabun, ketiga mengelola makanan dan minuman dengan baik, sebenarnya itu ada 5 pilar, tinggal 2 lagi yang belum dicapai, saya harap untuk 10 desa ini bisa meningkatkan lagi STBM menjadi 5 Pilar, dan untuk desa-desa yang belum melaksanakan deklarasi ODF saya minta untuk segera dilakukan ODF pada tiap-tiap desa di Kecamatan Kayan Hilir”, ujar Asisten III.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, H. Edi Harmaini, menjelaskan bahwa pelaksanaan deklarasi ODF di Kecamatan Kayan Hilir kedepannya untuk terus ditingkatkan, “di Kecamatan Kayan Hilir itu ada 43 desa, yang sudah deklarasi ODF itu 10 desa yang kita lakukan pada hari ini, masih ada 33 desa yang belum ODF, jadi saya minta dorong semuanya agar terlaksana deklarasi ODF, dengan deklarasi ODF kita juga imbangi dengan merubah perilaku hidup sehat, sehingga dapat memperbaiki kualitas tingkat hidup kita”, ucap H. Edi Harmaini.

Kepala Desa Paoh Desa, Hermanus Biyok menjelaskan desa-desa yang ada di Kecamatan Kayan Hilir yang mengikuti deklarasi Open Defecation Free (ODF) pilar 1-3 STBM, “ada 10 desa yang mendeklarasikan desanya sebagai desa ODF di Kecamatan Kayan Hilir, yakni, Desa Paoh Desa, Desa Nyangkom, Desa Pelaik, Desa Sungai Garong, Desa Karya Baru, Desa Kerapa Sepan, Desa Tanjung Keliling, Desa Tanjung Putar, Desa Buluk Panjang, Desa Lalang Inggar”, jelas Kepala Desa Paoh Desa.

(RILIS PROKOPIM)

__Terbit pada
18/03/2023
__Kategori
Sintang