Ronny Harap Kehadiran Listrik Desa Lahirkan Kegiatan Produktif

Acara penyalaan Perdana listrik di 8 desa Kecamatan Tempunak Hulu, Kabupaten Sintang (dok: istimewa)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com] – Masyarakat delapan desa Kecamatan Tempunak Hulu, Kabupaten Sintang, provinsi Kalimantan Barat patut bergembira, sebab sudah dapat menikmati listrik PLN.

Delapan desa tersebut yakni, Desa Merti Jaya, Benua Kencana, Ruam Batu, Kupan Jaya,Sungai Buluh, Pekulai Bersatu, Jaya Mentari dan Gunung Mali.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang , Florensius Ronny, berharap masyarakat setempat dapat memanfaatkan listrik secara bijak dan aman terutama untuk hal produktif.

“Saya berharap sudah adanya listrik PLN ini bukan hanya untuk penghematan, tapi bisa membantu peningkatan ekonomi dan mampu memajukan delapan desa di Kecamatan Tempunak Hulu ini,” ucapnya saat menghadiri acara penyalaan listrik secara simbolis di halaman Kantor Desa Merti Jaya, Kecamatan Tempunak Hulu, pada Jumat 25 November 2022.

Politisi partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini mengatakan bahwa listrik sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Listrik sangat penting untuk kehidupan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

“Ketika PLN ini sudah masuk, maka ada harapan ekonomi masyarakat disana dapat terbangun. Karena setelah ada listrik PLN, terjadi efisiensi atau penghematan. Biasanya kita pakai dompeng, katakanlah dalam satu malam menghabiskan 20 liter minyak, nah sekarang harga untuk membeli 20 liter minyak sudah cukup untuk bayar pemakain listrik PLN selama sebulan,” kata Ronny.

Sehingga lanjut dia, hasil efisiensi atau penghematan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kegiatan kreatif untuk peningkatan ekonomi.

“Cara berpikir ini harus kita kembangkan kembali bagaimana dengan masuknya listrik ini dapat menambah nilai ekonomi di masyarakat,” kata Ronny.

Maka dari itu, ia mendorong masyarakat dapat mengembangkan kegiatan kreatif dari hasil penghematan dan pemanfaatan egergi listrik.

“Kita dorong lahirnya kegiatan produktif yang dikembang masyarakat dengan adanya listrik ini. Apapun kreasinya di masyarakat yang mungkin belum dapat diwujudkan desa yang belum ada listrik dapat dikembangkan bagi desa-desa yang sudah ada listrik,” pungkasnya.

Ronny berharap energi listrik PLN dapat menyentuh semua desa di Kabupaten Sintang. Pasalnya cukup banyak desa yang belum teraliri listrik.

“Terima kasih kepada pemerintah dan PLN yang telah mewujudkan harapan masyarakat. Saya berharap pemerintah dan PLN dapat mewujudkan harapan yang sama bagi masyarakat lainnya yang belum teraliri listrik khususnya di Kabupaten Sintang,” harapnya.

__Terbit pada
27/11/2022
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya