Bupati Sintang Kunjungi Desa Gurung Kempadik, Ini Kegiatannya

Bupati Sintang Kunjungi Desa Gurung Kempadik, Ini Kegiatannya

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH di dampingi Sekda Kab. Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menghadiri kegiatan Temu lapangan Kelompok Tani Kecamatan Sungai Tebelian dan Dedai, di Kebun Kelompok Tani Subur Makmur, Jl. Lintas Dedai, Dusun Gurung Kempadik, RT 01 RW 04, Desa Gurung Kempadik, Kec. Sungai Tebelian, Senin, 3 Oktober 2022.

Turut hadir, Ketua DPRD Kab. Sintang, Kadis PU Kab. Sintang, Kadis Pertanian dan Perkebunan Kab. Sintang, Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kabag Kesra Setda Kab. Sintang, Camat dan unsur Forkopimcam Sungai Tebelian, para kelompok tani dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut juga di rangkaikan dengan penanaman secara simbolis bibit cabai oleh Bupati, Sekda dan rombongan.

Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri kegiatan Temu lapangan Kelompok Tani Kecamatan Dedai dan Tebelian, di Kebun Kelompok Tani Subur Makmur, Jl. Lintas Dedai, Dusun Gurung Kempadik, RT 01 RW 04, Desa Gurung Kempadik, Kecamatan Sungai Tebelian, Senin 03 Oktober 2022.

Pada kesempatan itu, Jarot menekankan pada para petani agar tidak hanya berfokus pada sawit dan karet. Para petani diminta Jarot menanam tanaman lain seperti kopi, teh dan lainnya.

“Silahkan dicoba kakau, pinang, sengkubak, kakau, kopi. Jadi coba juga tanaman lain jangan hanya sawit dan karet, bosan. Karet harga hancur,” kata Jarot.

Jarot meyakini, Kecamatan Sungai Tebelian akan maju dibidang pertanian dan perkebunan. Sudah banyak kelompok tani yang berhasil denhan hasil panen yang melimpah.

“Mudahan- mudahan petani semakin maju. Saya yakin tebelian maju dari Perkebunan dan pertanian,” ujar Jarot.

Ketua Kelompok Tani Subur Makmur, Tugiono mengatakan ada 8 desa yang tergabung dalam Kelompok tani gabungan Kecamatan Dedai dan Sungai Tebelian.

“Kami bergerak dibidang pertanian holtikultura, tanaman semangka, timun, kacang panjang, jagung kedelai, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan kami bisa membawa sintang menjadi Kabupaten yang bisa berswasembada pangan,” ujar Tugiono.

Selain pertanian, anggota Kelompok Tani Subur Makmur juga budidaya madu kelulut, ada juga yang beternak sapi dan kambing.

“Selain bergerak pertanian kami juga ada peternakan. Kami ada peternakan lebah madu kelulut. Alhamdulillah jumlah lok lebih 300. Pemasarna mohon dukungan, untuk sementara baru lewat online, kita belum punya pangsa pasar khusus. Supaya hasil pertanian dan peternakan bisa terkenal dan mudahan bisa dikenal kami minta dijembatani,” harap Tugiono.

Plt Camat Sungai Tebelian, Karjito menyebut wilayahnya sangat luas dihuni lebih dari 34.600 jiwa di 26 desa. Sebagian masyarakat bekerja disektor pertanian dan perkebunan.

“Untuk sungai tebelian, petani di Pandan itu ada sawi, kemudian di berembangz ada cabai. Baru dibentuk kelompoknya. Di gurun kempadi gabung dengan 8 desa termasuk Kecamatan dedai membentuk kelompok tani. Tentunya ini merupakan kebangkitan kita untuk sedikit menekan inflasi harga kebutuhan pangan kita yang karena termasuk besar, maka hari ini membangkitkan semangat petani kita semoga ini bisa menjadi manfaat untuk kesejahteraan para petani,” kata Karjito

 

__Terbit pada
04/10/2022
__Kategori
Sintang