Tutup PGD Sintang, Jarot : Sayang Saya Tidak Bisa Ikut Kepai-kepai

Penutupan PGD Sintang 2022

SINTANG [www.mediakapuasraya.com] – Bupati Sintang Jarot Winarno menutup pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Ke IX Tahun 2022 dengan ditandai dengan meniup alat musik tradisional keledik di Betang Jerora Satu pada Minggu, 31 Juli 2022.

Jarot menyampaikan selamat hari gawai kepada masyarakat Kabupaten Sintang.

“Saya sebenarnya belum sehat. Tetapi saya rindu dengan suasana gawai seperti ini. Gawai dan budaya kita sangat luar biasa. Gawai di kampung-kampung yang saya lihat juga luar biasa,” ucapnya.

Jarot mengimbau agar kegiatan Gawai Dayak dilestarikan, agar budaya kita terus berkembang, terpelihara dan maju.

“Saya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang sudah luar biasa bekerja mempersiapkan gawai,” katanya.

Rumah Betang ini kata dia belum selesai. Tahun ini di APBD Perubahan dianggarkan untuk penataan halaman dan fasilitas lainnya. Jarot berharap Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2023 lebih meriah lagi. DAD Kecamatan juga harus menjaga dan melestarikan budayanya masing-masing.

“Sayang saya tidak bisa ikut joget. Ikut kepai kepai,” kata Jarot

Jeffray Edward, Ketua DAD Kabupaten Sintang

Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang Jeffray Edward menyampaikan bahwa DAD terus memantau pelaksanaan Gawai Dayak Tahun 2022.

“Persiapan sangat singkat, hanya 2 minggu namun bisa dilaksanakan dengan baik. Semua kegiatan bisa dilaksanakan secara aman dan tertib. Masyarakat juga menyambut gawai dengan semangat. Ada banyak masukan dan Evaluasi yang disampaikan” terang Jeffray Edward.

Ia menyebutkan masyarakat mengharapkan ada perbaikan terhadap kondisi kompleks rumah Betang Jerora Satu ini.

“Halaman misalnya diharapkan bisa diperbaiki. Karena sangat becek paska terkena hujan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Jeffray menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Sintang, aparat Polres Sintang dan anggota TNI. Lalu lintas dan pengamanan memerlukan penanganan khusus.

“Selama 3 malam Gawai Dayak berlaku, lalu lintas sangat macet menandakan antusiasme masyarakat akan Gawai Dayak. Terima kasih kepada seluruh artis pendukung dan Pak Lasarus yang sudah mendukung kegiatan ini. Lapak-lapak juga mengakui sangat untung, sehingga penataan lokasi ini kedepan sangat penting,” ujarnya.

“Bahkan ada permintaan agar waktunya ditambah, kami memutuskan harus selesai malam ini. Besok tidak ada kegiatan lagi,” tegasnya.

Selimin Ketua Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Ke IX Tahun 2022 menyampaikan seluruh rencana kegiatan selama 3 hari sudah dapat dilaksanakan dengan baik meskipun memiliki tantangan soal lokasi Betang Jerora Satu ini.

“Kami bersyukur karena dukungan semua pihak dan persiapan hanya 2 minggu, Gawai Dayak bisa dilaksanakan dengan baik. Selama 3 hari 3 malam, lokasi Betang Jerora Satu selalu ramai oleh para pengunjung. Kami berharap tahun depan, persiapan lebih panjang dan lebih sukses,” harapnya.

__Terbit pada
01/08/2022
__Kategori
Nasional, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya