Redam Kondisi Keamanan di Sintang, Pemkab Sintang Gelar Deklarasi Damai

Redam Kondisi Keamanan di Sintang, Pemkab Sintang Gelar Deklarasi Damai

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Dalam rangka menciptakan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta suasana aman, damai dan harmonis di Kabupaten Sintang, Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang menggelar kegiatan Deklarasi Damai bersama Lintas Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Sintang yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, dengan didampingi jajaran Forkopimda Sintang, dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, pada Jumat sore (10/9/2021).

Dikesempatan itu juga, dilakukan pembacaan pernyataan sikap yang dipimpin langsung oleh H. Ahmad Sutarmin selaku Perwakilan Tokoh Agama Islam dan pernyataan sikap tersebut ditandatangani oleh perwakilan Tokoh Lintas Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang bersama jajaran Forkopimda Sintang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah dalam arahannya mengatakan bahwa pelaksanaan Deklarasi Damai ini merupakan momentum yang baik untuk dilaksanakan dalam upaya menjaga sikap yang damai di Kabupaten Sintang, “ini merupakan momentum yang sangat baik dilaksanakan agar masyarakat memahami pentingnya menjaga kabupaten Sintang, serta deklarasi ini semua pihak mempunyai komitmen yang sama yaitu untuk menjaga sikap, perbuatan agar cinta damai itu benar-benar bisa diwujudkan”, kata Yosepha.

Menurut Sekda Kabupaten Sintang ini adalah rumah besar bersama, segala komponen bangsa ada di Sintang yang patut kita jaga perdamaiannya, “Sintang adalah rumah besar bersama segala komponen bangsa, seluruh masyarakat Kabupaten Sintang harus menjaga perdamaian, Sintang bukan dibangun oleh satu suku saja, oleh karena itu diperlukan sinergitas dan kebersamaan untuk menata dan membangun Bumi Senentang ini”, ujarnya.

Yosepha dalam arahannya mengharapkan adanya kerjasama dari seluruh masyarakat untuk bersatu menjaga kerukunan dan kedamaian di Kabupaten Sintang, “kita harus menjaga dan merawat Bhinneka Tunggal Ika, kita semua bersaudara, saling menghormati, saling menghargai, dan melindungi sesama, sekaligus juga keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama yang diharapkan para seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat dapat membantu menciptakan  situasi yang aman dan damai di Kabupaten Sintang”, harap Yosepha.

Sekda Sintang menegaskan agar sinergitas dan komunikasi semakin terjalin dengan baik dalam upaya mengawal Sintang agar tetap damai, “kami berharap sinergi antara Pemerintah, Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Adat Dan Tokoh Masyarakat dapat terjalin lebih baik lagi, dengan bersatunya Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pemerintah Dan Forkopimda pada hari ini mendeklarasikan damai, tentu kita akan selalu mengawal Kabupaten Sintang yang damai, serta mari kita membuka kran komunikasi dengan baik melalui jalur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat Dan Tokoh Agama, yang mengedepankan musyawarah mufakat”, tegasnya.

Seusai kegiatan berlangsung, Perwakilan Tokoh Agama Islam yang juga memimpin jalannya pembacaan pernyataan sikap deklarasi damai, H. Ahmad Sutarmin menyampaikan harapannya untuk Kabupaten Sintang agar tetap kondusif seperti sediakala, “tentu yang pertama saya sampaikan kegiatan ini sangat bagus untuk dilaksanakan, karena memang saat ini kondisi Sintang harus dinetralisir kembali, mengingat Sintang selama ini sangat kondusif, sehingga kita menaruh harapan agar permasalahan yang sedang terjadi di Kabupaten Sintang tidak terjadi kembali, dan kita Sintang kembali ke situasi yang kondusif”, ujar H. Ahmad Sutarmin.

__Terbit pada
13/09/2021
__Kategori
Sintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.