Bulog Sintang Siap Salurkan Bantuan Beras

Kepala Perum Bulog Sub Drive Sintang, Fendi Kurniawan

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Perum Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) Sintang akan menyalurkan bantuan sembako berupa beras kepada masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan tersebut untuk meringankan baban masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang ditambah lagi dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM.

Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) Sintang , Fendi Kurniawan mengatakan pihaknya  mendapat  tugas untuk untuk memberikan bantuan sembako berupa beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Terutama kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST). total bantuan beras yang akan disalurkan sebanyak 400 ton untuk 40.031 keluarga penerima manfaat (KPM). Per KPM memperoleh bantuan 10 kilo beras.

“Kita penyalurannya  di 2 kabupaten, yaitu di Sintang dan Melawi,” ucapnya, Kamis 22 Juli 2021.

Di Sintang sendiri, penerima beras PPKM berjumlah 27.203 KPM. Sedangkan di Melawi berjumlah 12.828 KPM. Sehingga 400.310 kg untuk 40.310 KPM, baik dari PKH maupun BST. Satu kelurga akan menerima 10 kilogram beras.

“sesuai dengan instruksi dari pemerintah, yang akan diserahkan sebagai bantuan Beras PPKM merupakan cadangan beras pemerintah yang disimpan oleh Bulog. “Itu kualitasnya medium, kualitas baiklah,” katanya.

Saat ini, kata Fendi, pihaknya tengah mempersiapkan barang yang akan disalurkan dan serta PT. Pos Indonesia selaku distributor atau transporter juga tengah mempersiapkan armadanya untuk mengantarkan bantuan tersebut sampai tingkat kecamatan.

“Dari Bulog sendiri, barang sudah siap disalurkan. Hasil koordinasi dengan Dinas Sosial, rencananya tanggal 22 (Juli) mulai jalan. Cuma kendaraan dari transporter belum tersedia. Jadi kita menunggu kesiapan dari transporter ya,” jelasnya.

Ia menjelaskan sistem penyaluran nanti, menyesuaikan kondisi pandemi. “Kita melihat kondisi di lapangan. Nanti PT. Pos akan berkoordinasi dengan kecamatan dan desa mengenai rencana lokasi penurunan barang dan cara penyalurannya,” ucapnya.

Namun berkaca dari penyaluran BST tahun sebelumnya, ia mengatakan besar kemungkinan penyaluran akan dilakukan secara terjadwal bergantian setiap desa. “kita akan koordinasikan untuk pelaksanaannya agar penyaluran berjalan lancar,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa keberlanjutan bantuan ini akan menunggu instruksi dari pemerintah yang juga melihat kondisi kedepannya terkait pemberlakuan PPKM. “Saat ini kami hanya dapat instruksi bahwa penyalurannya mulai tanggal 15 (Juli) sampai tanggal 15 bulan depan. Apakah ada perpanjangan lagi masih tunggu instruksi,” pungkasnya.

__Terbit pada
23/07/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya