DPRD Apresiasi Pemkab Sintang Raih Opini WTP

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Pemerintah Kabupaten Sintang kembali sukses meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Kalimantan Barat. Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019  diterima langsung secara virtual oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang Florensius Roni pada Senin, 29 Juni 2020 di Pendopo Bupati Sintang.

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny mengatakan upaya pemerintah dalam menata keuangan daerah patut diapresiasi. Tahun ini laporan Keungan Pemkab Sintang kembali meraih predikat opini WTP. Dengan demikian, Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Sintang sudah 8 (delapan) kali secara berturut-turut mendapatkan opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat.

“Selamat atas keberhasilan Pemkab Sintang yang berhasil meraih predikat opini WTP  dari BPK RI yang ke-8 kalinya secara berturut-turut,” ucapnya.

Legislator Nasdem ini berharap keberhasilan tersebut terus dipertahankan pada tahun berikutnya. Menurut Ronny WTP 8 kali berturut-turut menunjukkan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kabupaten Sintang  sudah bagus secara administrasi, akutansi pemerintahan, serta kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku.

“namun perlu kita ketahui bahwa  WTP bukanlah tujuan akhir. Paling penting adalah bagaimana pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik dapat digunakan sebagai informasi, masukan, dan feedback bagi perencanaan penganggaran selanjutnya,” ungkap ronny.

“kita berharap prestasi ini dapat dipertahankan terus pada tahun berikutnya, dan dapat menumbuhkan komitmen dan semangat bersama untuk terus meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan yang sehat. Terlebih, keuangan berperan penting dalam mencapai kesejahteraan masyarakat dan menciptakan keadilan sosial,” tambahnya.

Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan apresiasi kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah yang sudah bekerja maksimal dan sudah mampu bekerja dengan baik.

“Terima kasih atas masukan dari teman-teman DPRD Kabupaten Sintang yang sudah menjalankan fungsi anggaran. Alhamdulilah. Ini tentu hasil kerjasama yang baik. WTP kan sudah biasa. Ini sudah yang kedelapan kalinya.  Kita akan pertahankan terus opini WTP ini bahkan semakin baiklah,” ungkap Bupati Sintang. (mo)

__Terbit pada
29/06/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya