Pangdam XII/Tpr : Satgas Pamtas Harus Bisa Menjadi Solusi Bagi Warga Perbatasan

KUBU RAYA  [www.mediakapuasraya.com]- Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi selaku Pangkoops Satgas Pamtas Indonesia – Malaysia memimpin Upacara Penerimaan dan Pemberangkatan Satgas Pamtas Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang dan Yonif  Mekanis 643/Wanara Sakti di Lapangan Upacara Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya, Rabu (20/2/19).

Mengawali amanatnya Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi mengucapkan selamat datang kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang di Bumi Khatulistiwa Kodam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tanjungpura menyampaikan, bahwa  wilayah perbatasan RI-Malaysia merupakan kawasan yang strategis dan vital. Menyikapi hal tersebut, tentunya berbagai kerawanan akan timbul yang menjadi permasalahan dan fenomena kejahatan Lintas Negara.

Oleh karena itu, selalu adakan koordinasi dengan aparat atau instansi terkait yang ada di perbatasan. Tingkatkan patroli-patroli keamanan maupun pemeriksaan patok batas serta adakan pembinaan terhadap masyarakat agar kesadaran berbangsa dan bernegara meningkat, ujar Pangdam XII/Tpr.

Selanjutnya Pangdam XII/Tpr berpesan Berbuat dan bertindaklah yang terbaik bagi masyarakat, jaga keamanan personel maupun materiil yang kalian bawa, pedomani Protap dan adat istiadat dan kearifan lokal yang berlaku di daerah penugasan dalam setiap pelaksanaan kegiatan, sehingga berbagai pelanggaran dapat dicegah serta kemanunggalan TNI dengan rakyat  dapat tercapai.

“Laksanakan tugas operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan lakukan serah terima pos dengan baik sehingga dalam pelaksanaan tugas nantinya tidak mengalami kendala,” tegas Pangdam XII/Tpr.

Saat memberikan keterangan kepada media Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi mengatakan tugas pokok Satgas Pamtas RI-Malaysia adalah menjaga kedaulatan negara, jangan sampai wilayah kita dikuasai oleh negara lain. walaupun sudah ada garis batas negara berupa patok-patok.

“Tidak menutup kemungkinan dari negara seberang bisa mengambil sesuatu dari tempat kita, maka dari itu harus kita jaga bersama,” tukas Pangdam XII/Tpr.

Selain tugas pokok Satgas Pamtas juga memiliki tugas yang lain yaitu melaksanakan tugas pembinaan teritorial kepada masyarakat yang berada di wilayah sekitar Pos Pamtas.

“Disana mereka  berada ditengah-tengah masyarakat yang jujur  masih tertinggal dengan saudara-saudara kita di perkotaan. maka mereka harus menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan kesulitan masyarakat disana baik dari sisi pendidikan, kesehatan dan bela negaranya,” pungkas Pangdam XII/Tpr mengakhiri.

Untuk diketahui, bahwa Satgas Pamtas Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang akan melaksanakan tugas   di Sektor Timur dengan Pos Kotis di Nanga Badau Kabupaten Kapuas Hulu, sedangkan Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti berada di Sektor Barat dengan Pos Kotis di Entikong Kabupaten Bengkayang. (Pendam XII/Tpr).

__Terbit pada
20/02/2019
__Kategori
Kubu Raya

Penulis: Admin Media Kapuas Raya