Gandeng Ormas Sipil, WVI Gelar Diskusi Publik Dengan Pemkab Sintang

Diskusi Publik dan Penyerahan Rekomendasi KOPAS dan FAKSIN untuk Pemerintah Kabupaten Sintang, di Aula Kantor BAPPEDA Kabupaten Sintang, Rabu (29/08/2018).

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Organisasi Masyarakat Sipil dengan pendampingan dari Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar kegiatan Diskusi Publik dengan Pemerintah Kabupaten Sintang terkait Kabupaten Layak Anak (KLA). Diskusi tersebut dilaksanakan di Aula Kantor BAPPEDA Kabupaten Sintang, Rabu (29/08/2018).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala BAPPEDA Sintang, Kartiyus,  Koalisi Peduli Anak Sintang (KOPAS), Forum Anak Kabupaten Sintang (FAKSIN ), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pihak kecamatan dan Desa di Kabupaten Sintang.

Diskusi Publik ini sekaligus proses penyerahan rekomendasi oleh KOPAS dan FAKSIN dengan harapan rekomendasi ini dapat membantu Pemerintah Daerah untuk memonitoring isu Kesehatan Ibu dan Anak di wilayah Kabupaten Sintang.

Project Manager EU CSO Empowerment, Henry Gabriel mengatakan Diskusi publik merupakan salah satu proses CVA (Citizen Voice and Action) yang didanai oleh Uni Eropa dengan tujuan agar masyarakat sebagai Penerima Manfaat mampu menyampaikan aspirasinya kepada Pemerintah, sebagai Penyedia Layanan, demi terwujudnya pemenuhan kebutuhan masyarakat khususnya di bidang Kesehatan.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Sintang Kartiyus menyambut baik  kegiatan Diskusi Publik yang dimotori Wahana Visi Indonesia dengan melibatkan Organisasi Kemasyarakatan di Sintang. Kartiyus berharap diskusi serupa dapat dilakukan oleh Forum di masing-masing sektor sehingga dapat mengangkat dan mendorong rencana pembangunan kedepannya.

“kami sangat berterima kasih sekali kepada WVI yan didukung oleh Uni Eropa dan didukung penuh oleh teman-teman dari KOPAS dan Forum Anak Sintang yang menyampaikan aspirasi mereka terkait kesehatan dan persoalan anak di Kabupaten Sintang,” ujar Kartiyus.

“hari ini disikusi di bidang Kesehatan, kedepan diskusi  sektor infrastruktur kita harapkan juga ada,” tambahnya.

Dikatakan Kartiyus kegiatan yang mewadahi penyampaian aspirasi semacam ini memang sudah pernah dilakukan pada tahun sebelumnya. Sejumlah rekomendasi tersebut beberapa sudah diakomodir oleh pemerintah.

“Rekomendasi yang kita terima hari ini juga akan kita tindaklanjuti, setelah penyempurnaan dari mereka, rekemendasi tersebut akan kita serahkan ke Bupati dan DPRD Sintang,” terang Kartiyus.

__Terbit pada
29/08/2018

Penulis: Admin Media Kapuas Raya