Potensi Sungai di Sintang Belum Tergali Maksimal

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sungai melawi dan kapuas di Sintang memiliki banyak potensi, hanya saja potensi itu belum tergali secara maksimal. Sekitar Sungai di perkotaan harusnya diperhatikan dan diolah sehingga menjadi daya tarik.

Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Agung Risdianto saat melakukan kunjungan kerja ke Sintang mengatakan, apabila kebersihan dan tatanan sungai terjaga maka dapat menjadi sektor wisata.

“Pinggiran sungai juga bisa disulap menjadi tempat bersatai, atau untuk joging,”kata Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Agung Risdianto saat ramah tamah dengan Bupati Sintang di Pondopo Bupati, belum lama ini.

Agung Risdianto menilai kedepannya dirasakan penting jika masyarakat ingin membangun rumah di pinggiran sungai dengan menghadap ke arah sungai, “sehingga sungai menjadi halaman depan rumah yang bersih dan rapi” terang Agung Risdianto.

Pada kesempatan tersebut pula, Mayjen TNI Agung Risdianto juga menyampaikan kunjungan kerjanya ke Sintang, selain bersilahturahmi dan membangun sinergisitas, juga dikarenakan di Sintang ada Markas Korem 121 Alambana Wanawai

“Saya juga ingin menyaksikan jajaran TNI yang akan mulai membangun percetakan sawah baru,”tukasnya.

Sementara Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan rasa bangganya karena mendapat kunjungan kehormatan dari Bapak Mayjen TNI Agung Risdianto Pangdam XII Tanjungpura.

“Kami ada program sinkronisasi yakni Pembangunan bandara baru yang lebih besar di Kabupaten Sintang yakni Bandara Tebelian yang sudah direncanakan sejak lama oleh beberapa kabupaten yang dekat dengan Sintang. Bandara Tebelian akan mulai operasi pada Oktober 2016,”ungkap Jarot Winarno

Jarot Juga menyampaikan, Pembangunan Rumah Sakit Rujukan akan mulai beroperasi pada Nopember 2016, selain itu Pemkab SIntang bersama Investor akan memberdayakan potensi sungai di Nokan Nayan Kecamatan Ambalau.

“Kita akan memberdayakan potensi sungai di Nokan Nayan Kecamatan Ambalau dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air berkapasitas besar,”pungkas Jarot Winarno. (mo)

 

 

__Terbit pada
20/03/2016

Penulis: Admin Media Kapuas Raya