Satpol PP Sintang Buat Website SITIBUM GAKDA, Dilaunching Bupati Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus, S.H., M.Si., melaunching sebuah system informasi yang dibangun oleh Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) Kabupaten Sintang yaitu Sistem Informasi Ketertiban Umum Penegakan Peraturan Daerah, atau lebih singkatnya SITIBUM GAKDA, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Kamis, 16 November 2023.

Website SITIBUM GAKDA ini merupakan solusi yang dibuat Kepala Satpol PP Kabupaten Sintang, Siti Musrikah untuk memudahkan proses pengaduan hingga melakukan koordinasi untuk penertiban Perda.

“Penegakan Perda di Kabupaten Sintang dalam berbagai kegiatan operasi kenyataan menunjukan bahwa belum maksimal.¬† Hal ini disebabkan oleh belum optimalnya koordinasi lintas OPD. Selama ini, seolah-olah yang bertugas menegakan Perda hanya Satpol PP. Padahal, OPD teknis juga punya peran,” kata Siti.

Website SITIBUM GAKDA, kata Siti digunakan untuk dapat mewujudkan kolaborasi lintas OPD dan instansi vertikal dengan harapan memudahkan dan mempercepat mewujudkan standar minimal dibidang ketertiban umum yang merupakan bagian pelayanan wajib dasar.

“Konsepnya dari masukan masyarakat, kan pengaduan ini selama ini masuk ke handphone Bupati atau saya, dengan adanya Web ini pengaduan ke melalui kontak yg disediakan. Setelah itu kami akan meneruskan¬† dan berkolaborasi dengan OPD teknis melalui jejaring guna mencari solusi teknis atas laporan indikasi adanya pelanggaran atau kejadian bencana yang memerlukan penyelamatan,” beber Siti.

Siti juga berencana membentuk forum penegakan Perda melalui Perbup Sintang untuk mengakomodir pelayanan dari desa sampai kelurahan. “Linmas juga dilibatkan. Kami menyadari tidak mudah menegakn Perda, kami optimis apabila kolaborasi komitmen bersama tentu tidak akan menjadi sulit,” jelasnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno menilai website SITIBUM GAKDA sangat penting. Sebab, selama ini dia banyak menerima keluhan dari masyarakat baik lewat pesan instagram maupun WhatsApp.

“Saya sering dapat laporan masuk. Ada yang listrik mari, karaoke, dan lainnya. Dengan website ini, Kedepan ndak ke saya lagi. Gunanya kolaborasi pentingnya untuk penegakan Perda,” terang Bupati Sintang (RILIS PROKOPIM)

__Terbit pada
16/11/2023
__Kategori
Sintang