Pasangkan Salempang, Bupati Sintang Launching BAAS dan DASHAT Kabupaten Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno didampingi Wakil Bupati Sintang Melkianus melaunching Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting dan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) Kabupaten Sintang Tahun 2023 di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Kamis, 14 September 2023.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat, Pintauli Romangasi Siregar, Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronny, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang Ny. Rita Cendanawangi Melkianus, Kadis KBP3A Sintang Maryadi, Anggota Forkopimda, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sintang, organisasi masyarakat, tokoh agama dan perwakilan keluarga rentan stunting.

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno menyampaikan bahwa stunting ini masalah yang sudah lama terjadi dan saya juga lama tinggal di kampung-kampung, tinggal bersama masyarakat sehingga tahu penyebab dari stunting ini.

“stunting ini disebabkan oleh tiga masalah utama yakni masalah gizi, fasilitas kesehatan pendidikan dan sanitasi lingkungan. Tiga itu penyebab stunting, dan harus sama-sama di intervensi dengan bergotong royong dan serius. Sanitasi lingkungan ini penyumbang 42 persen penyebab stunting” terang Bupati Sintang.

“soal sanitasi ini, kita sudah banyak melakukan Open Defecation Free atau ODF. Tahun ini total desa yang sudah ODF mencapai 100 desa lebih. Tidak BAB sembarangan, mampu mencegah stunting. Tahun 2023 ini, sekolah SD dan SMP semua kita perbaiki gedung dan fasilitasnya. Bahkan ada SD  yang baru kita bangun. fasilitas dan tenaga kesehatan sudah tidak masalah. Puskesmas bagus semua. Poskesdes dan Pustu banyak” tambah Bupati Sintang.

“hari ini kita melakukan launching Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting Kabupaten Sintang dan Dapur Sehat Atasi Stunting atau Dashat. Saya bahagia, akan banyak yang membantu secara khusus Forkopimda. Saya berharap angka stunting Kabupaten Sintang bisa dicapai dibawah 14 persen di tahun 2024” tambah Bupati Sintang

“desa-desa dilibatkan mencegah stunting, semua bergerak. Investor sawit, tokoh agama, pengusaha, credit union  juga harus bantu. Kita keroyokan menurunkan stunting di Sintang” ajak Bupati Sintang

Launching Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting dan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) Kabupaten Sintang Tahun 2023 dilakukan oleh Bupati Sintang dengan memasangkan salempak kepada Ketua PKK Kabupaten Sintang, Ketua Baznas Sintang, Dandim Sintang, Wakapolres Sintang dan Ketua DPRD Sintang.

__Terbit pada
14/09/2023
__Kategori
Sintang