Meski Hujan, Pawai Pelajar Dalam Rangka HUT Kota Sintang Ke 661 Berlangsung Lancar dan Meriah

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan Pawai Budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kota Sintang yang ke 661 Tahun 2023 pada Selasa, 9 Mei 2023.

Pawai Budaya dimulai pukul 15.00 WIB tersebut dilepas oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno. Turut menyaksikan dari tenda utama, Wakil Bupati Sintang Melkianus, Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus, Forkopimda dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sintang.

Meski diguyur hujan deras, ratusan pelajar di Kota Sintang tetap melakukan pawai budaya dengan berjalan kaki dengan menempuh ruter mulai dari depan Pendopo Bupati Sintang-Jalan Patimura-Jalan Taruna-Jalan Adisucipto-Jalan S Parman-Jalan PKP Mujahidin, Tugu Bank Indonesia-Jalan Diponegoro-Seroja-Jalan Ade Irma Suryani-Jalan Ksatria dan berhenti di Lapangan Kodim 1205 Sintang.

Pawai diawali dengan drum band, lalu diikuti para pelajar yang berpakaian adat nusantara, ratusan pelajar semangat dalam mengikuti pawai budaya tersebut. Pemkab Sintang ingin menegaskan bahwa Sintang adalah rumah besar semua etnis.

Yustinus  Koordinator Pawai Budaya yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa Pemkab Sintang mengusung tema Sintang Kota Sakti yang bermakna Sintang Kota yang selalu mengusung kebersamaan, kerukunan dan toleransi meskipun didiami oleh warga dari berbagai etnis dan agama.

“maka kita dalam surat edaran ke sekolah-sekolah agar mengirim siswa-siswinya untuk mengikuti Pawai Budaya ini, meminta para pelajar untuk menggunakan pakaian adat nusantara atau pakaian adat lintas etnis. Ada pesan yang mau kami sampaikan yakni Kota Sintang ini rumah yang nyaman dan rumah bersama seluruh etnis. Kota Sintang ini Indonesia Mini” terang Yustinus

“ada 18 sekolah di Kota Sintang yang mengikuti pawai budaya ini. Dengan jumlah sekitar 900 orang karena satu sekolah mengirim kurang lebih 50 orang. Dan kami sudah siapkan Tim Juri untuk menilai penampilan para pelajar. Nanti ada hadiah untuk yang berpenampilan terbaik 1 sampai 3” terang Yustinus

 

 

__Terbit pada
12/05/2023
__Kategori
Sintang