Jelang Bulan Suci Ramadhan 2023, Wabup Sintang Pimpin Sidak

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., memimpin jalannya inspeksi mendadak dalam rangka mengendalikan, mengawasi ketersediaan stok menjelang Ramadhan, dalam inspeksi mendadak tersebut, Wakil Bupati Sintang mengecek ketersediaan stok daging beku yang ada di gudang daging Badan Urusan Logistik (BULOG) Sintang, Jumat, 17 Maret 2023.

Jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional, pasar modern, agen-agen sembako dalam rangka untuk mengecek ketersediaan sembako, serta mengecek harga bahan barang makanan pokok.

Pelaksanaan sidak terbagi didalam dua tim inspeksi, untuk tim 1 inspeksi mendadak (SIDAK) Pemkab Sintang dipimpin langsung oleh Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan dengan lokasi Sidak yakni, Pasar Junjung Buih, Gudang Bulog, CV Arli, Golden Mart, Intan Market.

Untuk tim 2 Inspeksi mendadak (SIDAK) Pemkab Sintang dipimpin oleh Kadis Kominfo dengan lokasi pasar sayur masuka, holiday Mart, agen telur Sumber Ayam, Agen sembako Inti Platinum, agen sembako SMS, SPBU Melawi Timur Pal 4, Alfamart tugu jam, Indomaret Lintas Melawi depan Asrama Haji, SPBU yang berada di jalan Lintas Melawi, dan SPBU di tugu beji Sintang.

Sementara Wabup Sintang langsung menuju Gudang Bulog untuk memastikan ketersediaan beras dan daging beku di Bulog Sintang.

“saya sudah lihat sendiri gudang Bulog Sintang. Hasilnya, beras dan daging beku aman sampai lebaran. Jadi menjelang bulan suci ramadhan ini, umat Islam akan aman dan nyaman menjalankaan ibadah puasa. Bahkan stok beras dan daging beku, aman sampai lebaran” terang Melkianus Wabup Sintang.

“kami Pemkab Sintang akan terus pantau stok dan harga sembako di pasar dan Bulog Sintang, ada masalah, akan langsung kami ambil tindakan dan kebijakan” terang Melkianus Wabup Sintang.

Kepala Bulog Sintang Sabarani menjelaskan bahwa sebanyak 5,5 ton daging beku tiba di Bulog Sintang.

“Stok ini dipastikan cukup untuk mencukupi kebutuhan daging sampai dengan hari raya Idul Fitri. Kami baru menerima daging beku sebanyak 5,5 ton sesuai permintaan. Ini persiapan untuk menyambut ramadhan dan idul fitri,” kata Kepala Bulog Cabang Sintang, Sabarani

“bahkan stok daging beku ini bisa untuk hari Raya Idul Adha apabila diatur segi penjualannya. Nanti kita atur segi penjualannya. Kalau kita jual sesuai ketentuan kita misal ke konsumen atau masyarakat, kita jatah minimal nanti sampai idul fitri cukup,” jelas Sabarani

“semua masyarakat boleh membeli daging beku di Bulog. Hanya saja, jumlahnya dibatasi hanya untuk keperluan konsumsi. Semua masyarakat boleh membeli. Tapi dengan syarat tidak terlalu banyak. Kalau tujuan bisnis atau dijual lagi kita tidak izinkan. Karena kita ingin masyarakat Sintang yang kita harapkan dapat semua untuk menghadapi hari besar islam,” ujar Sabarani.

“peminat daging beku di Sintang setiap menjelang hari besar sangat banyak. Oleh sebab itu, Bulog menyiapkan stok cukup banyak sekaligus untuk menstabilkan harga daging di pasaran. Peminatnya sangat banyak sekali. Karena sangat terbantu sekali, misal kita datangkan 1 ton saja, perbandingannya 12 ekor sapi. Berarti kalau kita datangkan 5,5 ton tingga kita kalikan saja berarti sudah terbantu stok kebutuhan daging di Kabupaten Sintang,” jelas Sabarani

(RILIS PROKOPIM)

__Terbit pada
18/03/2023
__Kategori
Sintang