Bupati Sintang Serahkan Topi Rajut Untuk Prematur di Rumah Sakit

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., menyerahkan donasi topi rajut kepada sejumlah Rumah Sakit dan Klinik Bersalin se-Kota Sintang, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Minggu 22 Januari 2023.

Kegiatan donasi topi rajut ini diinisiasi oleh Langkau Onet, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat lokal Sintang yang bergerak dibidang kemanusiaan. Proses produksinya dilakukan bersama anggota Komunitas Crochet (Rajut) Sintang.

Donasi topi rajut ini diserahkan kepada RSUD Ade M. Djoen, RS Anugerah Bunda Jaya, RS Tingkat IV Sintang (Kesrem), RS Sayang Ibu dan RS Bujang Dara serta IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Sintang untuk disalurkan kepada bayi-bayi premature dan BBLR yang membutuhkan.

“Topi-topi ini dirajut khusus untuk membantu tata laksana kangaroo mother care pada bayi-bayi yang lahir premature dan BBLR (berat bayi lahir rendah) yang lagi dirawat di rumah sakit-rumah sakit ini. Angka kelahiran BBLR kita itu lumayan tinggi, incubator RSUD itu sering kali tidak cukup untuk merawat mereka. Kalau sehat bayinya itukan bisa dirawat di rumah, dipeluk keluarganya dengan semua badannya terbungkus hangat termasuk kepala. Karna bayi-bayi ini kecil jadi topinya pun harus yang kecil,” ujar Bupati Sintang.

Marlensia Emy, Ketua Langkau Onet merasa senang bisa mengadakan program donasi ini. Menurutnya, sebenarnya ini hanya replikasi dari program serupa di tingkat Nasional lewat Charity for Babies, karena melihat kebutuhan yang sama ada di Sintang.

“Syukurnya kita mendapat dukungan bantuan dari teman-teman perajut Sintang. Program ini akan kita adakan sepanjang tahun 2023 ini jadi bagi teman-teman yang mau terlibat bisa berdonasi bareng kita,” ujar Emy.

(RILIS PROKOPIM)

__Terbit pada
24/01/2023
__Kategori
Sintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.