Bupati Sintang Resmikan Asrama Haji Kabupaten Sintang di Lintas Melawi

Sintang-www.mediakapuasraya.com-

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, meresmikan gedung Asrama Haji Kabupaten Sintang yang ditandai dengan pengguntingan pita, dan penandatanganan prasasti, sekaligus juga membuka kegiatan Musyawarah Daerah (MUSDA) ke-V, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Sintang, yang dilaksanakan di halaman Gedung Asrama Haji Sintang, jalan Lintas Melawi, Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Sabtu, 21 Januari 2023.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah IPHI Provinsi Kalimantan Barat, Forkopimda Kabupaten Sintang, sejumlah pimpinan OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua dan jajaran Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Sintang dan sejumlah tamu undangan lainnya.

upati Sintang, Jarot Winarno bersyukur tahun ini calon jemaah haji tidak dibatasi usia, namun sangat disayangkan ongkos haji tahun ini sangat mahal.

Hal ini disampaikan Bupati Jarot saat melakukan peresmian gedung Asrama Haji kabupaten Sintang, Sabtu (21/01/23) pagi.

Tahun ini, semua jemaah haji bisa naik haji tanpa batas umur, sayangnya ongkos haji tahun tahun ini mencapai enam puluh sembilan juga rupiah. Ia menyampaikan biaya haji ini lebih mahal dibandingkan dengan negara Malaysia, di Malaysia ongkos haji yang perlu dikeluarkan jemaah haji sementara hanya lima puluh jutaan.

“Hal ini dikarenakan di Malaysia subsidi dari pemerintah untuk jemaah haji cukup besar, kendati biaya aslinya mencapai seratus juta rupiah,” ungkapnya.

“Sementara di Indonesia, subsidi dari pemerintah hanya sebesar tiga puluh persen saja dari total biaya sembilan puluh delapan juta rupiah menjadi enam puluh sembilan juta rupiah,” tambah Jarot.

Dengan harga yang cukup mahal ini, Bupati Jarot berharap seluruh calon jemaah haji di kabupaten Sintang masih mampu untuk membayar biaya haji, sehingga banyak yang bisa berangkat untuk menunaikan ibadah haji.

Ia berpesan, jika calon jemaah haji ada yang mengalami kesulitan dalam proses pembayaran ongkos haji, masyarakat di kabupaten Sintang yang sudah haji diharapkan dapat bersama membantu, serta meringankan calon jemaah haji.

Sebagai pengingat, Asrama Haji Kabupaten Sintang dilakukan peletakan batu pertama pembangunaan pada 2017 yang lalu. Bupati Sintang, Jarot Winarno saat melakukan penancapan tiang pertama pembangunan gedung serbaguna Ikatan Persuadaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Sintang yang terletak di Jalan Lintas Melawi – Sintang, Minggu siang (1/10) yang turut dihadiri Anggota DPR RI, H Sukiman dan pihak terkait lainnya.

Saat itu,  Bupati Sintang mengatakan sangat mengapresiasi atas pembangunan gedung serbaguna IPHI Kabupaten Sintang ini karena menurutnya keberadaan gedung serbaguna ini sangat penting yang nanti akan menjadi ruang baru bagi umat.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman tahun 2017 yang lalu, H Joni Nurhaili mengatakan bahwa anggaran pembangunan gedung serbaguna ini dilakukan tiga tahap melalui dana DAU Kabupaten Sintang, dimana tahap satu yakni tahun anggaran 2017 sebesar Rp1.919.794.000 (satu milyar sembilan ratus sembilan belas juta tujuh ratus sembilan puluh empat ribu rupiah).

(RILIS PROKOPIM)

__Terbit pada
24/01/2023
__Kategori
Sintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.