Bupati dan Wabup Sintang Hadiri Perayaan Tahun Baru Imlek di Waterfront Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., menghadiri silaturahmi serta menyaksikan tradisi perayaan Imlek atraksi barongsai dan liong naga pada puncak perayaan tahun baru Imlek 2574 Kongzili, yang dilaksanakan di Waterfront Sintang, Jalan Brigjend Katamso, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Sabtu, 21 Januari 2023.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si., Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J, S.Pd., M.A.P., Unsur Forkopimda Sintang, pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen dan Welbertus, Ketua Majelis Adat Budaya Tionghua Kabupaten Sintang bersama pengurus, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Wagub memberikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili atau tahun kelinci air berdasarkan perhitungan kalender China kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat saya ucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2574 (Tahun Kelinci Air) dan mudah-mudahan masyarakat Tionghoa diberikan keberkahan dan semakin sukses kedepannya,” ucap H. Ria Norsan.

Negara Indonesia khususnya Kalimantan Barat memiliki berbagai beragam budaya, suku dan agama namun perbedaan tersebut merupakan suatu keindahan bagi bangsa Indonesia.

“Jadikan perbedaan sebagai perekat untuk persatuan dan kesatuan kita untuk membangun Kalbar yang kita cintai khususnya Kabupaten Sintang. Kuncinya hanya satu yaitu kita harus saling menghargai dan menghormati,” ungkapnya.

Usai memberikan sambutan singkat, Wagub beserta Bupati dan Wakil Bupati beserta Jajaran Kabupaten Sintang menyaksikan pertunjukkan naga dan barongsai serta tarian daerah hingga pesta kembang api.

Perayaan tersebut turut dihadiri oleh Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med., Ph., dan Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Sintang , Hermanto Aci, serta masyarakat Kabupaten Sintang juga turut meramaikan pada malam perayaan malam tahun baru imlek tersebut.

Polres Sintang mengerahkan puluhan personel yang ditempatkan pada beberapa titik untuk pengamanan Imlek di Sintang.

Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian mengatakan selain tempat ibadah pengamanan juga difokuskan pada pengaturan lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kemacetan pada malam pergantian tahun.

“Untuk malam ini fokusnya kita yakni ada di pengamanan ibadah malam tahun baru imlek dan sejumlah tempat hiburan budaya adapun seperti pengaturan lalu lintas sudah kita siapkan mengingat pada malam ini tentunya akan ada peningkatan aktifitas masyarakat,” Ungkap AKBP Tommy.

Menurut Kapolres Sintang dengan adanya peningkatan aktifitas masyarakat tentunya hal ini sejalan dengan potensi kerawanan perlu diantisipasi terlebih pada malam hari di tempat-tempat keramaian.

“Untuk pengamanan personil disetiap titik telah kita siapkan dan siagakan, mulai dari sore hingga berakhirnya ibadah dan hiburan budaya pada malam ini,” Jelas Kapolres.

Melalui Kerjasama seluruh pihak dari pengurus tempat ibadah, TNI, Pol PP dan stakeholder terkait kapolres bersukur  semua agenda perayaan tahun baru imlek ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Malam perayaan imlek di kota Sintang berlangsung meriah. Majelis adat budaya Tionghoa–MABT kabupaten Sintang memusatkan kegiatan di waterfront sungai Durian Sintang.

Turut hadir pada perayaan imlek wakil gubernur kalimantan Ria Norsan bersama bupati Sintang Jarot Winarno. Perayaan imlek juga diisi dengan berbagai hiburan dan pawai  naga sepanjang 23 meter.

Pawai naga yang dilangsungkan di kawasan waterfront mendapatkan perhatian dari warga yang sengaja untuk menonton atraksi naga. Pada malam pergantian tahun juga dilaksnakan pesta kembang api yang cukup merian

(RILIS PROKOPIM)

__Terbit pada
24/01/2023
__Kategori
Sintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.