Kades Terpilih Diminta Rangkul Lawan Politik

Pembekalan 72 Kades Terpilih

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengajak 72 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Sintang yang baru dilantik agar merangkul lawan politiknya saat kontestasi Pilkades lalu. Hal tersebut dinilainya penting agar  memudahkan dalam mewujudkan visi dan misi dalam membangun desa.

“Saya minta bapak ibu Kepala Desa untuk merangkul lawan politiknya dengan tujuan agar program dan visi misi bapak ibu dalam memajukan Desa tidak mengalami kendala yang berarti,” kata Ronny saat menghadiri pembekalan Kepala Desa Terpilih hasil Pilkades Serentak tahun 2022 di Kabupaten Sintang masa jabatan 2022-2028 di Aula Bank Kalbar Cabang Sintang, pada Senin 20 Desember 2022.

Ronny mengungkapkan bahwa desa mendapatkan kucuran dana sangat besar dari Pemerintah Pusat. Rata-rata tiap desa mendapatkan alokasi anggaran di atas satu miliar. Oleh karenanya, politisi muda ini mengingatkan  agar kepala desa dapat  mengelola dana Desa secara baik dan transparan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Hari ini dana desa bukan lagi menjadi dana percobaan. Tidak ada ada lagi istilah kalau salah tidak apa-apa. Dana desa sekarang tidak bisa dicoba-coba seperti lima tahun lalu saat pertama kali dikucurkan oleh pemerintah pusat,” kata Ronny.

Ronny mengatakan bahwa Dana Desa diberikan pemerintah pusat untuk mewujudkan pembangunan yang dimulai dari daerah terpencil seperti desa. Oleh karenanya, ia berharap adanya Dana Desa mampu untuk membantu, mampu untuk meningkatkan dan  mampu untuk membangun desa masing-masing.

“Maka dana desa itu harus dikelola sesuai dengan pemanfaatannya yang sesuai aturan. Sekali lagi saya ingin ingatkan bahwa dana Desa bukan untuk dicoba-coba dan jangan pernah berpikir untuk menyelewengkan dana desa tersebut karena dapat berurusan dengan hukum,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama Ronny juga berpesan kepada kepala desa yang baru resmi dilantik tersebut agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan yang diamanatkan oleh masyarakat dan undang-undang.

“Kami Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang tidak hentinya menitipkan harapan kepada pimpinan Desa kepada bapak dan ibu untuk kemajuan yang dimulai dari desa yang akan mengantarkan Kabupaten Sintang semakin maju kedepannya selamat atas dilantiknya Bapak ibu kepala desa dan selamat bertugas,” tutupnya

__Terbit pada
22/12/2022
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya