Akses Darat Ketungau Hulu – Sintang Tidak Tembus

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Mardiyansyah

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mardiyansyah mengatakan ruas jalan dari Ketungau Hulu menuju Sintang yakni jalan poros Senaning mengalami rusak parah.

Masyarakat setempat menuju Sintang terpaksa memutar dari Kabupaten Sanggau.

“Sudah setahun belakangan ini terjadi kerusakan sangat parah. Apalagi saat musim hujan tidak tembus ke Sintang. Kalau dipaksakan pakai motor harus saling bantu baru bisa lewat, tapi menguras tenaga dan waktu,” kata Mardiansyah di DPRD Sintang, Senin 12 Desember 2022.

Kerusakan ruas jalan provinsi tersebut sudah kerap diusulkan kepada pemerintah namun belum ada tindakan penanganan yang dilakukan.

“Kita Masyarakat Ketungau Hulu khususnya Senaning kalau mau ke Sintang ada jalan alternatif yakni lewat Balai Karangan. Artinya kita mutar dari Kabupaten Sanggau lewat Balai Karangan. Walau jalannya juga rusak dan jauh, nginap 1 malam dalam perjalanan masih bisa tembus ke Sintang,” terangnya.

Mardiansyah mengatakan bahwa, kerusakan Jalan Poros senaning sudah lama dikeluhan masyarakat. Sayangnya keluhan masyarakat hanya didengar oleh pemerintah tapi tidak diberikan solusi.

“Faktanya udah satu tahun terakhir ini jalan Jalan Poros senaning mengalami kerusakan sangat parah dan tidak ada penanganan dari pemerintah. Padahal ini akses tersebut sangat vital,” sesalnya.

Mardiansyah menggungkapkan penanganan ruas jalan poros Senaning merupakan kewenangan pemerintah provinsi. Oleh karena itu, pihaknya di daerah hanya bisa mendorong agar Pemprov dapat segera melaksanakan penanganan ruas jalan tersebut.

“Masyarakat yang kita hadapi banyak yang tidak tahu dan tidak mau tahu soal status jalan itu. Mereka tahunya ini Sintang dan tanggung jawab pemerintah,” kata Mardiansyah.

Oleh karena itu Mardiansyah sangat berharap pemerintah dapat mendengarkan dan mewujudkan harapan masyarakat.

Mardiansyah mengisahkan bahwa Banyak masyarakat yang berasumsi anggota DPRD dapat mengurus semua kebutuhan di masyarakat.

“lucunya mereka berpikir bahwa anggota dewan itu seperti spider-man bisa semuanya,
Ngurus jalan bisa, ngurus orang sakit bisa. Faktanya ada banyak hal hal di luar kemampuan kita,” ungkap Mardiyansyah.

Kendati demikian asumsi masyarakat tidak dapat disalahkan. Karena sebagai wakil rakyat pihaknya berkewajiban menyuarakan aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada pemerintah.

“Pada intinya masyarakat menginginkan pemerintah action menangani ruas jalan poros Senaning tersebut sesegera mungkin,” pungkasnya.

__Terbit pada
13/12/2022
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya