Fraksi Golkar DPRD Sintang Sampaikan Pandangan Umum Terhadap 3 Raperda Inisiatif

Juru Bicara Fraksi Golkar, Harjono

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD Kabupaten Sintang menyampaikan pandangan umum terhadap 3 Raperda inisiatif DPRD Kabupaten Sintang tahun 2022.

Pandangan umum Fraksi Partai Golongan Karya disampaikan melalui juru bicaranya, Harjono dalam rapat Paripurna ke-18 DPRD Sintang,  pada Senin 12 Desember 2022.

“Fraksi Partai Golongan Karya mengucapkan terima kasih kepada saudara ketua Bapemperda DPRD kabupaten Sintang yang telah menyampaikan pidato terhadap 3 Raperda inisiatif  DPRD  Kabupaten Sintang pada sidang paripurna ke- 16 masa persidangan III pada tanggal 9 Desember 2022 lalu,” ucapnya.

Fraksi Partai Golongan Karya menyambut baik pengajuan 3 Raperda yaitu :

  1. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sintang tentang Penerbitan Surat Pernyataan Tanah dan Surat Keterangan Tanah
  2. Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Usaha Perkebunan dan Pola Kemitraan Plasma Perkebunan Sawit
  3. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Tentang Perlindungan dan Pelestarian Adat Budaya Daerah 

“Semoga 3  Raperda ini dapat bermanfaat dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sintang dan dapat menjadi payung hukum dalam menjalankan roda pemerintahan kabupaten Sintang yang kita cintai ini,” harapnya.

Dikatakan Harjono, bahwa sesuai dengan uandang undang nomor ; 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah bahwa peraturan daerah di bentuk oleh pemeritahan daerah bersama DPRD, yang pada dasarnya mempunyai fungsi sebagai instrumen kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah dan tugas pembantuan.

“Oleh sebab itu, maka peraturan daerah merupakan fungsi yang bersifat atribusi yaitu dalam peraturan daerah sangat melekat kewenangan sebagaimana di atur dalam undang-undang tersebut diatas,” kata Harjono.

Disamping itu, lanjut dia,  sesuai dengan permendagri nomor ; 80 tahun 2015 sebagian telah diubah dengan permendagri no ; 120 tahun 2018 tentang pembentukan peraturan perundang undangan dan berdasarkan peraturan DPRD Kabupaten Sintang nomor 1 pasal 59 tahun 2018 sebagaimana telah diubah dengan peraturan DPRD Kabupaten Sintang nomor 1 tahun 2019 tentang Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), serta berdasarkan rapat Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kabupaten Sintang pada hari Jumat tanggal 9 Desember 2022, maka ke-3 Raperda tersebut dapat dibahas dalam sidang sidang selanjutnya.

“Fraksi Partai Golongan Karya DPRD kabupaten Sintang menyarankan kepada pemerintah daerah kabupaten Sintang supaya ke- 3 Raperda ini dapat disosialisaikan, agar perda ini dapat diterima dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat kabupaten Sintang,” pungaksnya.

(Rilis Sub Humas Protokol dan Publikasi Set DPRD Sintang)

__Terbit pada
12/12/2022
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya