Santosa Sebut Kantor Camat Kayan Hilir Sudah Tidak Layak

Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa menyebutkan bagunan kantor Camat Kayan Hilir, Kabupaten Sintang kondisinya sangat memprihatinkan. Bangunan tersebut dinilai sudah tidak layak lagi digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kantor Camat Kayan Hilir sebelumnya sudah dibongkar karena kawasan tersebut akan dibangun pasar rakyat. Kantor camat yang sekarang ini menggunakan bangunan yang sudah sangat tua dan kondisinya memprihatinkan, tampak kumuh dan bisa dikatakan dibangun sejak jaman Belanda, kondisinya sudah sangat tidak layak lagi,” ujar Santosa kepada awak media di DPRD Sintang pada Jumat 9 Desember 2022.

Kondisi tersebut menurutnya akan sengat mempengaruhi kualitas pelayanan kecamatan terhadap masyarakat. Sementara pelayanan terhadap masyarakat harus optimal.

“Dengan kondisi bangunan dan sarana prasarana seperti itu tentu pelayanan terhadap masyarakat akan sedikit terganggu, tidak optimal sementara pelayanan publik diharapkan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat,” kata Santosa.

Oleh karenanya, wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Kayan Hulu dan Kayan Hilir ini berharap pemindahan ibukota Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu segera direalisasikan oleh pemerintah. Diketahui saat ini DPRD dan Pemerintah Kabupaten Sintang tengah menggodok Raperda pemindahan ibu kota dua kecamatan tersebut.

“Harapan kita semua proses ini segera selesai, sehingga Raperda tersebut dapat disahkan menjadi perda. Sehingga kemudian pemindahan ibu kota Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu segera direalisasikan,” harapnya.

Menurutnya dukungan semua pihak agar hal tersebut terealisasi sangatlah penting, mengingat pemindahan ibu kota tersbut sudah sangat layak dan mendesak terutama dalam pelaksanaan pelayanan administrasi Kecamatan terhadap masyarakat.

“Kalau sudah resmi dipindahkan nanti , tentu ada pembangunan sarana dan prasarana penunjang seperti Kantor Camat baru, sehingga pelayanan prima yang sangat diharapkan dapat kembali terwujud,” pungkasnya.

__Terbit pada
10/12/2022
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya