DPRD Sintang Paripurnakan Penyampaian 6 Raperda

SINTANG [www.mediakapuasraya.com] – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menggelar paripurna penyampaian 6 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Sintang Tahun 2022.

6 Raperda usulan eksekutif
tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sintang Jarot Winarno kepada Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny. Penyerahan tersebut disaksikan oleh wakil Bupati Sintang Melkianus dan Anggota DPRD Sintang lainnya.

Adapun 6 Raperda usulan eksekutif tersebut yakni,

1. Raperda Kabupaten Sintang tentang rencana induk pengelolaan perkebunan Kabupaten Sintang Tahun 2022 – 2045;

2. Raperda Kabupaten Sintang tentang penyelenggaraan bantuan hukum;

3. Raperda Kabupaten Sintang tentang perubahan Perda nomor 8 tahun 2015 tentang perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan;

4. Raperda Kabupaten Sintang tentang pemindahan ibukota Kecamatan Kayan Hulu dan ibukota kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang;

5. Raperda Kabupaten Sintang tentang Keterbukaan Informasi Publik;

6.Raperda Kabupaten Sintang tentang pembentukan produk hukum daerah.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu peraturan DPRD nomor 1 tahun 2018 tentang tata tertib DPRD Kabupaten Sintang Sebagaimana telah diubah menjadi peraturan DPD nomor 1 tahun 2019 menyatakan bahwa DPRD Kabupaten Sintang mempunyai fungsi pembentukan Peraturan Daerah yang dijalankan dalam kerangka representasi masyarakat di daerah dengan menyusun program pembentukan Perda yang ditetapkan Berdasarkan kesepakatan antara DPRD dan Bupati.

“Untuk itu sebagai bentuk implementasi fungsi pembentukan Perda dimaksud, maka pada hari ini DPRD Sintang melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian 6 Raperda Kabupaten Sintang,” ujar Ronny.

Ronny menerangkan bahwa pihaknya melalui Badan Musyawarah DPRD Sintang sudah menjadwalkan pembahasan 6 raperda dimaksud. Pembahasan akan dilakukan dengan pembentukan panitia khusus. Pembahasan menggunakan metode rapat-rapat kerja, konsultasi dan koordinasi serta kaji terap yang akan dilakukan bersama sama dengan pemerintah Kabupaten Sintang.

“Pembahasan melalui pania khusus yang dimulai pada tanggal 9 Desember sampai dengan tanggal 23 Desember 2022 dengan harapan semoga rapat-rapat panitia khusus nantinya dapat berlangsung sesuai jadwal yang telah ditentukan tersebut,” harapnya.

Ronny menyampaikan ucapan terimakasih kepada badan pembentukan Perda yang telah menunaikan tugasnya menyusun skala prioritas pembahasan terhadap 6 Raperda Kabupaten Sintang Tahun 2022.

“Semoga kegiatan yang telah kita agendakan dapat terlaksana dengan tertib aman dan lancar,” harapnya.

(Rilis Humas Protokol dan Publikasi Set DPRD Kabupaten Sintang)

__Terbit pada
09/12/2022
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya