Persatuan Masyarakat Serawai-Ambalau Audiensi dengan DPRD Sintang

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Persatuan Masyarakat Serawai Ambalau beraudiensi dengan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Pada Senin, 28 Oktober 2022 di Ruang Sidang Utama DPRD.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronny, mengungkapkan kedatangan mereka menolak pengurangan kursi DPRD Dapil V Serawai-Ambalau pada Pemilu tahun 2024.

“Kita ketahui dalam rancangan penataan dapil yang diumumkan KPU Sintang untuk pemilu 2024 alokasi kursi untuk daerah pemilihan (dapil) Serawai-Ambalau berkurang. Sebelumnya 4 kursi untuk DPRD berkurang menjadi 3 kursi, mereka menolak keras pengurangan kursi tersebut, ” jelas Ronny.

Koordinator aksi yang juga Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Sandan, mengungkapkan bahwa pihaknya menolak tegas pengurangan kursi legislatif di dapil Serawai – Ambalau. Pihaknya menginginkan alokasi kursi di didapil tersebut tetap 4 kursi, sama seperti pemilu tahun 2019.

“Kalau kita mengikuti aturan tentunya dengan waktu yang sangat singkat ini tidak akan mungkin mampu dinas dukcapil mendata ulang seluruh kecamatan yang ada. maka saya menawarkan kepada kita semua bahwa data kependudukan untuk membagi alokasi kursi di dapil Serawai- Ambalau menggunakan data pada pemilu tahun 2019 karena itu yang sudah jelas dan sudah diakui secara publik,” jelas Sandan.

Oleh karenanya, ia mengharapkan persoalan tersbut dapat diselesaikan dengan kepala dingin serta dapat ambil satu langkah kebijakan politik karena secara fakta serawai ambalau sudah mendapatkan 4 kursi pada pemilu 2019

“Kalau kita harus mendata ulang tidak akan mungkin dan akan tetap saja mendapatkan 3 kursi untuk Kecamatan Serawai dan Ambalau,” ujarnya

Ia kembali menegaskan supaya data kependudukan tetap mengikut pemilu tahun 2019 dengan alokasi 4 kursi DPRD di Dapil Serawai-Ambalau.

“Kita berharap keputusan pada hari ini untuk mengikuti jumlah penduduk untuk pembagian kursi pada tahun 2019,” harapnya.

Sandan berharap permintaan persatuan masyarakat Serawai-Ambalau diwujudkan.
“Kami ini konsisten, kalau sudah A tetap A,” tegasnya.

__Terbit pada
28/11/2022
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya