Banjir Kembali Landa Sintang, Bupati Sintang Bagikan Paket Bantuan Kepada Warga

Banjir Kembali Landa Sintang, Bupati Sintang Bagikan Paket Bantuan Kepada Warga

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemerintah dan Palang Merah Indonesia Kabupaten Sintang untuk masyarakat terdampak banjir ditahun 2022 untuk wilayah Desa Mungguk Bantok, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, pada Sabtu , 12 November 2022.

Dalam arahannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa kedatangan rombongan membawa bantuan untuk masyarakat yang ada di Desa Mungguk Bantok.

“hari ini kita bawa bantuan, kurang lebih 225 paket bantuan, berupa sembako, ada indomie, beras, minyak goreng, sarden kaleng dan lain-lainnya, dan ini semuanya bantuan dibagikan kepada masyarakat, kita serahkan kepada Kepala Desa”, kata Bupati Sintang

“saya minta seluruh masyarakat untuk selalu mewaspadai datangnya banjir di tahun 2022 ini. Fenomena La Lina diprediksi hingga Desember 2022, curah hujan yang cukup tinggi tentu membuat air sungai meluap sehingga terjadinya banjir, oleh karena itu, kepada masyarakat kita harus siapkan fisik, siapkan tenaga, siapkan tempat pengungsian, kalau perlu gedung serbaguna Desa Mungguk Bantok ini dijadikan tempat pengungsian”,  ucap Bupati Sintang.

“saya juga berpesan kepada Kepala Desa agar bantuan dapat dibagikan secara merata. Pesan saya kepada kepala Desa Mungguk Bantok, setelah bantuan-bantuan ini kami serahkan kepada Kepala Desa, agar kiranya Kepala Desa dapat menyerahkan dan dibagikan kepada masyarakat secara terbuka dan secara merata”, pesan Bupati Sintang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, Bernhard Saragih,  mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan hari ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, “hari ini, kita serahkan bantuan-bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Desa Mungguk Bantok, semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat”, ucapnya.

Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Sintang, Helmi, menjelaskan bahwa kedatangan PMI Kabupaten Sintang untuk membantu menyalurkan bantuan-bantuan kemanusiaan bagi Desa Mungguk Bantok, “tujuan kami adalah untuk menyampaikan bantuan-bantuan kemanusiaan berupa barang, sembako dan lain-lain, bantuan yang kami bawa ini bantuan dari PMI Provinsi dan kami salurkan ke Desa Mungguk Bantok, kedepannya melalui Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Sintang supaya kami PMI mendapatkan bantuan dan bisa menyalurkan kepada masyarakat lainnya”, kata Helmi.

Masih kata Ketua PMI Sintang, bahwa PMI Kabupaten Sintang siap membantu masyarakat, “kami dari PMI Kabupaten Sintang, siap membantu masyarakat, membantu menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat, mengingat PMI Kabupaten Sintang juga dibantu oleh tim-tim relawan”, tambah Helmi.

Berikut bantuan yang diserahkan kepada Desa Mungguk Bantok, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

Bantuan dari Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang yang diberikan kepada Desa Mungguk Bantok yakni :

  1. Paket sembako Logistik bantuan dari BPBD Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 35 Paket
  2. Paket sembako logistik bantuan dari pihak ketiga sebanyak 90 paket

Selanjutnya, adapun bantuan yang diberikan oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Sintang kepada Desa Mungguk Bantok yakni

  1. Paket beras sebanyak 65 paket
  2. Family Kit sebanyak 55 paket
  3. Baby Kit sebanyak 14 paket
__Terbit pada
14/11/2022
__Kategori
Sintang