Bupati Sintang Terima Audiensi Artha Daya Coalindo di Pendopo

Bupati Sintang Terima Audiensi Artha Daya Coalindo di Pendopo

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, menerima kunjungan sekaligus audensi dengan PT. Artha Daya Coalindo terkait dengan tindak lanjut untuk mewujudkan penggunaan energi baru dan terbarukan berupa sampah dan limbah kelapa sawit yang ada di Kabupaten Sintang sebagai bahan baku pencampur batu bara pada PLTU Sintang, pertemuan tersebut dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, pada Rabu, 3 Agustus 2022.

PT Artha Daya Coalindo didirikan pada tanggal 21 Oktober 1997, berdasarkan pada akte notaris Ny. Macharani Moertolo S, SH No. 70, 1997. Perusahaan berkembang untuk menjadi price leader dalam penyediaan batubara dan bisnis transportasi batubara.

PT Artha Daya Coalindo merupakan salah satu anak perusahaan PT Indonesia Power, sebagai pemegang saham mayoritas, dan PT Arthindo Utama serta PT Desira Pratama Lines sebagai pemegang saham minoritas.

Sejak berdirinya sampai sekarang,Perusahaan telah memberikan kontribusi dalam penyediaan dan pengiriman batubara untuk kebutuhan pembangkit listrik PT Indonesia Power (Unit Bisnis Pembangkitan Suralaya), melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan pemilik tambang dan transportasi batubara. Perusahaan juga menyediakan alat pembongkaran batubara di UBP Suralaya. Di akhir tahun 2012 perusahaan merintis usaha pengelolaan pelabuhan (Port Management) di pelabuhan terbatas UBP Suralaya.

Keberhasilan perusahaan dalam berbisnis dan tetap eksis tidak lepas dari dukungan Sumber Daya Manusia yang memiliki integritas, kompetensi kemampuan, dedikasi, dan profesional dibidangnya.

Visi PT. Artha Daya Coalindo adalah Menjadi perusahaan terkemuka dan price leader di bidang penyediaan batubara dan transportasi batubara. Sedangkan Misinya adalah Melakukan usaha dalam bidang penyediaan dan transportasi batubara serta usaha-usaha lainnya yang berkaitan, dalam rangka ikut serta memberikan keamanan pasokan batubara kepada PT Indonesia Power, didasarkan kepada kaidah bisnis dan niaga yang sehat guna menjamin keberadaan dan pengembangan perusahaan dalam jangka panjang.

– Penggunaan Biomassa sebagai alternatif bahan bakar fosil kini terus digencarkan oleh berbagai pihak. Provinsi Kalimantan Barat saat ini menjadi kandidat Pilot Project untuk pengembangan biomassa energi nasional. Limbah batang sawit bakal dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam mewujudkan energi terbarukan tersebut.

“Potensi limbah batang kelapa sawit di Kalbar diperkirakan mencapai sebesar satu juta batang kelapa sawit pada tahun 2020. Potensi terbesar berada di Kabupaten Sanggau, Landak, dan Bengkayang,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Adi Yani yang mewakili Gubernur Kalbar, saat kegiatan Rakornis Pembahasan Rancangan Provinsi Kalimantan Barat sebagai Calon Pilot Project Nasional Untuk Pengembangan Biomassa Energi,

Dia memandang, Kalbar memiliki potensi yang sangat besar dalam memanfaatkan limbah batang sawit sebagai sumber energi biomassa, berupa pelet biomassa (biopellet) yang dapat berfungsi sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan karena keunggulannya yaitu bersifat mudah terdegradasi dan dapat diperbaharui

Pasokan energi listrik di Kalbar saat ini sebagian besar masih tergantung pada pembangkit listrik tenaga disel (PLTD). Besarnya ketergantungan pada sumber energi bahan bakar minyak (BBM), mengakibatkan membengkaknya anggaran belanja negara untuk subsidi BBM. Hal ini semakin menyadarkan berbagai kalangan di tanah air bahwa ketergantungan terhadap BBM secara periahan perlu dikurangi.

“Ini faktor pendorong pengembangan teknologi dan sekaligus tantangan untuk mencari sumber energi terbarukan yang belum dimanfaatkan secara optimal,” katanya.

Inovasi pemanfaatan limbah batang kelapa sawit merupakan salah satu solusi dan wujud nyata dari pembangunan yang berwawasan lingkungan. Pemanfaatan limbah batang kelapa sawit juga secara langsung akan membantu pemerintah untuk memenuhi kekurangan pasokan listrik di desa.

 

__Terbit pada
04/08/2022
__Kategori
Sintang