Sekda Sintang Buka Diklat Paskibraka Kabupaten Sintang

Sekda Sintang Buka Diklat Paskibraka Kabupaten Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Sekda Kab. Sintang yang di wakili Asisten III Sekretariat Daerah Kab. Sintang, Drs. Igor Nugroho, M. Si membuka kegiatan Diklat Paskibraka tingkat Kab. Sintang untuk peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022, di Selasar Indoor Apang Semangai Sintang, Senin, 1 Agustus 2022.

Setelah pada pagi hari Senin, 1 Agustus 2022, sebanyak 32 siswa yang lolos seleksi menjadi Paskibra mengikuti registrasi untuk masuk asrama di Hotel Cika Sintang pada sore harinya 32 siswa ini mengikuti acara pembukaan diklat yang dilaksanakan di Indoor Apang Semangai Sintang.

Mengutip rilis humas pemda Sintang, Sekda Sintang yang diwakili Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Drs. Igor Nugroho, M. Si membuka kegiatan Diklat ini. “Paskibra yang mengikuti diklat ini adalah pasukan pengibar bendera di tingkat kabupaten untuk peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan di Selasar Indoor Apang Semangai Sintang,” tulis rilis tersebut.

Pada kegiatan tersebut nampak hadir, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika dan jajarannya serta alumni Paskibra yang telah purna tugas.

Sebanyak 32 pelajar kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta di Kabupaten Sintang yang terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Sang Saka (Paskibraka) Merah Putih mulai melakukan pendidikan dan latihan pelaksanaan pengibaran bendera merah putih serta ilmu pengetahuan yang lainnya. Sebelum mulai dilakukan pendidikan dan pelatihan, seluruh anggota paskibra Kabupaten Sintang tahun 2022 di motivasi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Sintang.

Igor Nugroho menyampaikan bahwa pelatihan dan pendidikan harus dilaksanakan untuk mempersiapkan anggota paskibraka untuk mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik HUT Proklamasi Republik Indonesia yang ke 77 Tahun 2022.

“Tidak hanya untuk menyiapkan seluruh anggota Paskibraka dalam melaksanakan tugas pengibaran bendera saja, terapi saya berharap anak-anak muda yang sudah terpilih menjadi anggota Paskibraka untuk memiliki syarat menjadi generasi muda yang memiliki kualitas dan berintegritas tinggi. Saat ini bangsa Indonesia membutuhkan generasi muda yang memiliki keahlian dan intelektualitas yang tinggi yang harus diperoleh melalui dunia pendidikan,” harap Igor Nugroho

“Selain itu, kita juga memerlukan generasi muda yang memiliki karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional yang diperoleh melalui pengalaman berorganisasi dan dalam lingkungan masyarakat. Kita juga perlu kaum muda yang peka dan kritis terhadap lingkungan sekitarnya. Nah, pendidikan dan latihan ini dilaksanakan untuk mencapai tiga karakteristik kaum muda tersebut,” terang Igor Nugroho

“Dengan demikian pendidikan dan latihan ini, tidak semata-mata menyiapkan anggota paskibraka untuk mengibarkan sang saka merah putih saja, tetapi ada ilmu yang diperoleh selama diklat berlangsung. Untuk itu, saya berpesan supaya seluruh anggota Paskibraka serius mengikuti diklat ini. Siapkan fisik dan mental yang baik, sampai akhirnya bisa menjalankan tugas saat pengibaran bendera merah putih 17 Agustus 2022 mendatang dan kalian bisa menjadi anak muda yang disiplin dan bertanggungjawab,” tambah Igor Nugroho

__Terbit pada
03/08/2022
__Kategori
Sintang