Bupati Sintang Hadiri Penandatanganan Indeks Desa Membangun Se Kalbar

Bupati Sintang Hadiri Penandatanganan Indeks Desa Membangun Se Kalbar

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sintang, Kartiyus, SH, M.Si, dalam hal ini mewakili Bupati Sintang menghadiri kegiatan penandatanganan Indeks Desa Membangun yang diselenggarakan di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kota Pontianak, pada Rabu, 6 Juli 2022.

pada kesempatan tersebut Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi, Kalbar Yuslinda, menyampaikan secara detail terkait pemutakhiran status Indeks Desa Membangun Kalbar tahun 2022.

Yaitu penambahan Desa Mandiri, yang sebelumnya berjumlah 385 desa di tahun 2021, menjadi 586 desa di tahun 2022.

Untuk Desa Maju berjumlah 456 desa di tahun 2021 dan bertambah 549 desa di tahun 2022, dan status Desa Berkembang di tahun 2021 sebanyak 910 desa dan di tahun 2022 sebanyak 803 desa. Sedangkan untuk Desa Tertinggal sebanyak 280 desa dan berkurang menjadi 94 desa.

Di tempat yang sama, Gubernur Kalbar Sutarmidji menekankan target zero Desa Tertinggal di Kalbar pada tahun 2023.

“Saya optimis, di tahun 2023 tidak ada lagi Desa Tertinggal. Untuk status Desa sangat tertinggal juga sudah zero di tahun 2022 ini,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi 4 kabupaten yang telah mengentaskan status Desa Tertinggal. Yaitu Kabupaten Sambas, Sekadau, Kayong Utara dan Sanggau.

Penilaian desa tersebut dilakukan oleh Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang dilaksanakan oleh Pendamping Desa secara objektif dan transparan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan bersama.

“Dalam penetapan status desa, data merupakan hal yang sangat penting. Saya minta terus update dan sinkronisasikan data, jangan sampai ada data yang tidak sesuai dengan fakta,” ujarnya tegas memberi arahan.

Untuk Kabupaten Mempawah sendiri, dipaparkan bahwa dari total 60 desa, status Desa Tertinggal masih terdapat 2 desa, Desa Berkembang 3, Desa Maju 13 dan Desa Mandiri berjumlah 42 desa.

Terkait hal tersebut, Kepala Bappeda Kabupaten Sintang Kartiyus menyatakan komitmen untuk meningkatkan sinergitas dengan OPD dan para pemangku desa untuk terus mengupayakan peningkatan status desa.

“Ini terkait pula dengan peningkatan IPM Kabupaten Sintang. Maka dari itu kami akan terus berkomitmen dalam meningkatkan status desa,” tegasnya.

Pada kegiatan tersebut diserahkan pula sembilan penghargaan kepada para pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalbar tahun 2022.

Untuk kelurahan diraih oleh Kelurahan Bangka Belitung Laut Kecamatan Pontianak Tenggara. Untuk lomba desa diraih oleh Desa Payah Kumang Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang, Desa Kuala Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas, serta Desa Belonsat Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi

__Terbit pada
12/07/2022
__Kategori
Sintang