Bupati Sintang Kunjungi Desa Tanjung Balai, Ini Kegiatannya

Bupati Sintang Kunjungi Desa Tanjung Balai, Ini Kegiatannya

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri acara penanaman 1000 pohon dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022, yang mengusung tema “Satu Bumi Untuk Masa Depan”, di Halaman Posyandu Desa Tanjung Balai, Kec. Sepauk, Kamis, 16 Juni 2022.

Pada kesempatan tersebut Bupati menandatangani peta Rimba Piangan dan menyerahkan SK kepada ketua pengelola Rimba Piangan Desa Tanjung Balai, serta penanaman secara simbolis bibit pohon tebelian di area Posyandu Desa Tanjung Balai tempat dilangsungnya kegiatan oleh Bupati.

Turut hadir pada acara tersebut, yakni Kadis Lingkungan Hidup Kab. Sintang dan jajaran, Kasat Pol PP Kab. Sintang dan jajaran, jajaran Solidaridad, jajaran Keling Kumang, unsur Forkopimcam Sepauk, para aktivisi lingkungan, Kades Tanjung Balai dan Jajaran, masyarakat setempat dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang Edy Harmaeni mengatakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum PBB dari peristiwa Konferensi Stockholm, Swedia pada tanggal 5-6 Juni tahun 1972.

“Marilah kita jadikan momentum ini untuk meningkatkan kepedulian dan pelestarian terhadap lingkungan yang ada disekitar kita sehingga kekayaan sumber daya alam yang ada khususnya di Kabupaten Sintang bisa tetap terjaga sebagai titipan anak cucu kita,” ajak Edy Harmaeni

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini merupakan peringatan 50 tahun Konferensi Stockholm. Konferensi Stockholm tahun 1972 telah meletakkan dasar pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan dalam hubungan pembangunan dengan alam dan manusia.

“bahwa rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini telah dilaksanakan seperti pembagian dan penanaman bibit pohon secara gratis. Hari ini kami memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang dipusatkan di Kabupaten Sintang. Untuk tema nasional, yaitu Satu Bumi untuk Masa Depan” tuturnya.

“kegiatan (penanaman) ini adalah kegiatan kemitraan yang melibatkan masyarakat. Jadi, ini kegiatan-kegiatan kemitraan yang melibatkan masyarakat. Juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat dengan memberikan ruang untuk ikut terlibat secara aktif menjaga dan menyelamatkan bumi. Yang mana, ini sesuai dengan tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yakni Only One Earth ini untuk kita harus sama-sama menjaga bumi,” paparnya.

Edy Harmaeni berharap, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ini dapat melahirkan banyak agen-agen penyelamat dunia (bumi) dengan menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Kami yakin dan percaya, bahwa dengan masyarakat ikut terlibat, maka bumi kita yang hanya satu ini bisa dijaga bersama-sama,” harapnya

__Terbit pada
17/06/2022
__Kategori
Sintang