Bupati Sintang Tinjau Pembagian BLT Minyak Goreng di Kantor Pos Sintang

Bupati Sintang Tinjau Pembagian BLT Minyak Goreng di Kantor Pos Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sintang, Yustinus J, S. Pd.,.M.AP di dampingi Kadis Sosial Kab. Sintang, memonitoring penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Minyak Goreng dan BPS Kecamatan Sintang di Kantor Pos Sintang, Kamis, 14 April 2022.

Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus berharap proses penyaluran termasuk BLT maupun penerima bantuan dievaluasi oleh Dinas Sosial. Agar jangan sampai tidak tepat sasaran.

“Tentu kita berharap kepada petugas PKH dan dinsos mendata ulang penerima bantuan agar betul-betul tepat sasaran memang memerlukan. Jangan sampai bantuan tidak tepat sasaran, mereka yang tidak layak dapat tapi dapat. Maka saya juga berharap petugas mengevaluasi penerima manfaat sehingga bagaiaman layak atau tidak, petugas harus crocek ke lapangan memvalidasi data beraama kades. Kalau itu dilakukan saya yakin nanti tidak terjadi komplain di masyarakat,” harap Yustinus.

Penerima manfaat BLT diharapkan dapat menggunakan uang tersebut dengan bijak.

“Kepada penerima pemerintah berharap betul-betul digunakan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga, jangan digunakan untuk membeli paket, pulsa, rokok. Gunakan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga, apalagi jelang lebaran,” jelas Yustinus

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng sebesar Rp 300 ribu rupiah dan BPNT sembako Rp 200 ribu mulai dicairkan melalui kantor pos di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, sejak Rabu kemarin. Total ada 29.216 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak menerima uang tunai bantuan pemerintah sebanyak Rp 500 ribu rupiah.

“Untuk kecamatan sintang, ada 1.293 KPM. Sementara kalau ditotal se Kabupaten Sintang ada 29.216 KPM. Jadi masyarakat mendapat BLT minyak goreng sebulan 100 ribu untuk 3 bulan diberikan sekaligus kemudian menerima BPNT tunai 200 ribu, jadi satu KPM dapat 500 ribu,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Setina saat meninjau penyaluran BLT di Kantor Pos Sintang, Kamis kemarin.

Dari 14 kecamatan di Kabupaten Sintang, ada 7 kecamatan yang belum punya Kantor Pos pembantu. Penyaluran bantuan, dilakukan dengan cara by komunitas.

“Kita yang datang bersama menyalurkan langsung. Kan tidak semua kecamatan ada kantor pos. Dengan adanya bantuan ini, harapan pemerintah bisa meningkatkan daya beli masyarakat miskin dan rentan miskin untuk menghadapi lebaran,” ujar Setina.

 

__Terbit pada
17/04/2022
__Kategori
Sintang