Bersama Penyuluh Kunjungi Desa Binjai Hilir, Sekda Sintang Panen Cabe dan Sayur

Bersama Penyuluh Kunjungi Desa Binjai Hilir, Sekda Sintang Panen Cabe dan Sayur

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si, melakukan panen sayur di Balai Penyuluh Pertanian wilayah Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang, pada Rabu, 13 April 2022.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus, SH, M.Si, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang.

“Cabe ini salah satu yang membuat inflasi di Kabupaten Sintang. Kami di Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sintang selalu direpotkan dengan penyebab inflasi di Kabupaten Sintang itu karena tingginya harga cabe di pasaran. Kami sangat mendukung dan mendorong petani cabe untuk tumbuh dan berkembang dalam rangka menyuplai kebutuhan cabe masyarakat Kabupaten Sintang,” ungkap Sekda Sintang ini.

Selain itu, Yosepha merasa senang, karena dapat berada di tengah para petani Desa Binjai Hilir. Selain dapat menyerap berbagai aspirasi petani, dia pun diajak petani berkeliling di areal pertaniaan itu dan melakukan panen cabe serta sayur.

“Saya senang bisa berada ditengah-tengah petani hari ini. Saya merasakan wawasan dan ilmu saya bertambah hari ini. Saya menjadi tahu cara membuat pupuk cair dan beternak kelulut. Saya juga bisa menerima keluhan-keluhan dan harapan para petani cabe dan sayur,” kata Yosepha Hasnah.

“ di Desa Merarai 1 mencapai 200 ton per tahun. Artinya kalau dibagi 12 bulan maka sayur yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Merarai Satu mencapai 16,6 ton per bulan dengan kualitas baik,” ujarnya.

Pemkab Sintang memberikan apresiasi dan mendukung penuh apa yang dilakukan oleh Kelompok Tani Desa Binjai Hilir. Menurut Yosepha, penetapan Desa Merarai Satu sebagai Kampung Sayur diharapkan bisa lebih memotivasi warga bertani dan menghasilkan sayur yang banyak dengan kualitas baik.

“Saya minta, jangan hanya sawi saja, masih banyak jenis sayur yang lain,” harapnya.

Yosepha menilai, apa yang sudah dilakukan oleh Kelompok Tani Desa Binjai dan masyarakat Desa Binjai Hilir lakukan ini, baik untuk dijadikan percontohan bagi desa dan kelompok tani lainnya di Kabupaten Sintang. Menurutnya, penghasil sayur tidak hanya Sungai Tebelian, tetapi ada Binjai Hulu, dan Kelam Permai.

“Saya bangga petani di sini, menyiapkan pola pertanian dengan matang. Mulai dari perencanaan bibit, penanaman sampai panen dan pemasaran. Di Kalbar ini, hanya satu kabupaten yang dijadikan sampel pengukuran inflasi nasional yakni Sintang. Untuk menurunkan angka inflasi, kita harus menyiapkan sayur sendiri sehingga harga sayur di pasaran bisa rendah. Saya juga mendorong masyarakat untuk mengembangkan peternakan, dengan harapan ke depan, bisa memproduksi pupuk kandang sendiri untuk mengurangi ketergantungan akan pupuk kimia,” pesan Yosepha Hasnah

__Terbit pada
17/04/2022
__Kategori
Sintang