Bupati Sintang Minta Investor Perkebunan Jaga Jalan Akses Warga

Bupati Sintang Minta Investor Perkebunan Jaga Jalan Akses Warga

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang Jarot Winarno meminta agar ruas jalan juga dipelihara oleh investor perkebunan yang ada di Kabupaten Sintang. Permintaan tersebut disampaikan Bupati Sintang saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan jembatan rangka baja ketungau IV di Beguntang, Desa Empunak Tapang Keladan, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

“Kami menyambut baik dibangunnya jembatan ini, karena dengan adanya jembatannya maka akses penyeberangan akan semakin lancar. Jembatan ini akan mempermudah akses aktivitas kebun dan masyarakat. Terima kasih kepada PT. Duta Agro Prima (HPI-Agro) yang sudah membangun jembatan ketungau IV. Pemeliharaan jalan, harap dilakukan juga,” harapnya.

Jarot juga mengingatkan agar semua perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Sintang, berkontribusi untuk memelihara jalan agar akses masyarakat lancar.

“Saya mengingatkan juga, jangan lupa akan sejarah. Ketika jalan menuju Balai Karangan menjadi lancar. Ingat juga jalan dari Sungai Buaya ke Kedembak Air Tabun sebagai jalur utama harus diperhatikan. Jalan tersebut jangan dilupakan oleh teman-teman yang investasi di daerah ini,” ujarnya.

“Jangan lupa dipelihara. Karena tidak dipelihara, maka jalan dari Sungai Buaya menuju Kedembak Air Tabun menjadi putus. Sungguh sangat disayangkan. Sekali lagi, saya minta tolong teman-teman investor untuk membantu memperbaiki dan memelihara jalan dari Sungai Buaya menuju Kedembak Air Tabun. Kita gotong royong memperbaiki jalan tersebut,” ajak Jarot.

Jembatan Ketungau dibangun menggunakan konstruksi rangka baja dengan bentang jembatan utama 45 meter dan lebar 6 meter. Sistem pondasi dalam dan tiang pancang sebanyak 90 titik. Satu tiang pancang berukuran 250×250 mili meter memiliki data dukung 45 ton per tiang pancang.

“Total anggaran pembangunan jembatan sebesar Rp 13.757.000.000. Rencana pembangunan jembatan rangka baja dimulai april sampai target pembangunan selesai pada desember 2022,” kata Santo Limbong, GM Kalbar Area 48, Kamis 31 Maret 2022.

Pembanguna jembatan ini diharapkan akan memperlancar arus lalu lintas baik antar desa dan daerah, juga memberikan kemudahan akses bagi masyarakat luas dalam beraktivitas.

“Pada akhirnya diharapkan mampu mendukung peningkatan pembangunan di segala bidang, termasuk ekonomi dan sosial masyarakat. Pembangunan jembatan ini tentunya dapat terlaksana atas kerja keras dukungan usaha dari semua pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami mohon partisipasi dan dukungan semua pihak agar realisasi pembangunan dapat berjalan sesuai rencana,” harap Santo.

Dalam rangka menjalankan usaha perkebunan, Santo menyadari pihaknya masih belum sempurna memberikan manfaat besar bagi masyarakat khususnya di wilayah operasional PT Duta Agro Prima (HPI-Agro).

“Dalam rangka menjalankan usaha perkebunan, kami senantiasa berupaya memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi seluruh masyarakat khususnya di wilayah operasional kami,” ujarnya.

“Namun, kami sadar saat ini perusahana kami masih belum sempurna, dalam prosesnya kami terus berupaya memperbaiki, membuka diri dan tentu mengharapkan dukungan dari semua pihak, agar operasional perushaan dapat terus berjalan lancar. Dengan begitu perusahaan bisa terus memberikan manfaat nilai tambah bagi masyarakat secara berkelanjutan,” kata Santo

 

 

 

__Terbit pada
05/04/2022
__Kategori
Sintang