Stok Tabung Oksigen di RSUD Sintang Menipis

Direktur RSUD Ade M Djoen Sintang, dr. Rosa Trifina.

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Direktur Rumah Sakit Ade M Joen Sintang dr Rossa Trifina mengatakan stok tabung oksigen di Rumah Sakit Ade M Joen Sintang sudah menipis. Pasokan yang ada saat ini hanya mampu bertahan dua hari saja.

“Padahal diperlukan sedikitnya 110 tabung oksigen perhari untuk pasien covid-19 dan pasien lainya,” uajr Rosa. Kamis 22 Juli 2021.

Ia menyatakan kondisi kekurangan Oksigen memang selalu dikhawatirkan namun kebutuhan oksigen ini didatangkan dari Pontianak sehingga sulit mengatasinya karena tidak ada alternatif lain.

“ Dengan 36 pasien saja kita perlu 110 tabung, dengan kondisi saat ini kita prioritaskan pasien yang ada di ICU dulu, pasien yang sudah dapat dilatih bernafas kita akan maksimalkan fungsi pernapasanya,” katanya.

Rosa juga mengatakan sampai saat ini RSUD Ade M Joen Sintang merawat pasien covid-19  antara 30 hingga 40 pasien perhari, jumlahnya relatif stabil namun fatalitasnya tinggi setiap hari selalu ada pasien covid-19 yang meninggal.

“Kita merawat pasien semampu kita dengan pemberian obat standar, Saya berharap tidak ada lonjakan, kalau memang emergensi sekali maka kita rujuk saja ke Pontianak,” katanya.

Rosa tak mengetahui persis penyebab kelangkaan oksigen. Namun informasi yang dia terima, kejadian ini bukan hanya di RSUD Sintang, tapi se-Kalbar.

“Menurut informasi katanya memang bahan bakunya, kemudian suplay masuk ke kalbar terhambat, dan itu berlaku se kalbar, dan rata-rata di rumah sakit lain mengalami kesulitan penyediaan oksigen,” ungkap Rosa.

Rosa terus berkomunikasi dengan pihak distributor oksigen. Informasinya, besok akan ada pasokan yang datang. Soal jumlah, dia belum tahu persis berapa.

“Kita minta biasanya sekitar 200 tabung, kalau normal. Kalau langka begini, saya juga tidak bisa memastikan suplay datang normal atau tidak. Mudah-mudahan tidak ada hambatan, kita tidak tahu di daerah lain, karena namanya terbatas, semoga kita juga kebagian,” pungkasnya.

__Terbit pada
22/07/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya