Dorong Pemda Selesaikan Tapal Batas Desa, Kecamatan dan Kabupaten

Anggota DPRD Sintang Fraksi Golongan Karya, Agrianus

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD kabupaten Sintang meminta kepada pemerintah daerah menyelesaikan tapal batas antar desa, antar Kecamatan, bahkan antar Kabupaten. Terutama pada daerah yang berdampak terhambatnya pemekaran Kecamatan dan dalam rangka menghindari pertikaian antar masyarakat yang wilayahnya bersengketa.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Sintang, Agrianus saat menyampaikan pandangan umum fraksinya  terkait Raperda Pertanggujawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sintang  tahun 2020 dalam Rapat paripurna ke-5  DPRD Sintang Masa Persidangan II Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Jumat 9 Juli 2021.

Ia mengakan pihaknya sangat mendukung pemekaran kecamatan di Kabupaten Sintang untuk mempercepat pembangunan dan memperpendek rentang kendali pemerintah kecamatan. nMaun sejumlah pemekaran belum terealiasi karena persoalan tapal batas yang belum selesai.

“Diminta kepada Bupati Sintang untuk menyelesaikan tapal batas antar desa antar Kecamatan bahkan antar Kabupaten terutama pada daerah yang berdampak terhambatnya pemekaran Kecamatan dan dalam rangka menghindari pertikaian antar masyarakat yang wilayahnya bersengketa,” pintanya.

Wakil Bupati Sintang Sudiyanto menyampaikan bahwa proses penyelesaian batas desa, baik batas antar desa dalam satu kecamatan maupun batas antar desa pada kecamatan yang berbeda terus dilakukan dengan mengacu pada permendagri no. 45 tahun 2016 tentang pedoman penetapan dan penegasan batas desa, dan saat ini sedang dalam proses untuk percepatan penyelesaian perbup batas desa/ kecamatan.

Sedangkan batas antar Kabupaten, harus selesai tahun ini sesuai dengan amanat peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2021 tentang penyelesaian ketidaksesuaian tata ruang, kawasan hutan, izin dan/atau hak atas tanah.

 

“7 segmen batas telah selesai yakni: pertama yaitu batas dengan Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Ketapang sudah ditetapkan dengan permendagri; kedua yaitu batas dengan Kabupaten Melawi, Kabupaten Sanggau, Dan Kabupaten Kapuas Hulu, sudah selesai dengan berita acara kesepakatan. Sedangkan segmen batas dengan Kabupaten sekadau belum ada kesepakatan dan diserahkan kepada kementerian dalam negeri untuk mengambil keputusan ,” jelasnya.

Lebih lanjut Kata Sudiyanto berkenaan dengan proses pembentukan kecamatan, khususnya kecamatan Sintang Barat, Kecamatan Bukit Mangat, Kecamatan Tontang Dan Kecamatan Inggar, sedang dalam proses penetapan peraturan bupati tentang peta batas desa/kelurahan pada Kecamatan Sintang, Kecamatan Dedai, Kecamatan Kayan Hilir Dan Kecamatan Serawai, untuk memenuhi kekurangan persyaratan usulan pembentukan kecamatan tersebut.

__Terbit pada
18/07/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya