Dewan Apresiasi Capaian Pemkab Sintang

Anggota DPRD Sintang Fraksi Nasdem, Kartimia Marwani

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Anggota DPRD Sintang Kartimia Marwani menyampaikan Pandangan umum Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) terkait Raperda Pertanggujawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sintang  tahun 2020. Pandangan umum fraksi disampikan dalam Rapat paripurna ke-5  DPRD Sintang Masa Persidangan II Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Jumat 9 Juli 2021.

Ia menyampaikan pertanggungjawaban atau akuntabilitas adalah suatu perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan / kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan dalam rpjmd Kabupaten Sintang 2019- 2024.

“ kami berpendapat apa yang telah disampaikan oleh pemerintah daerah merupakan suatu kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan dalam pelaksanaan sebuah misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang dalam mencapai tujuan dan sasaran sasaran yang telah ditetapkan dalam tugas penyelenggaraan pemerintah pelaksanaan pembangunan dan dan kemasyarakatan dalam wilayah Kabupaten Sintang,” ujarnya.

“Pemkab Sintang memiliki kewajiban untuk membuat laporan kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten dalam racikan semua tujuan dan sasaran yang telah dicapai Oleh sebab itu diperlukan adanya indikator pertanggungjawaban pemerintah daerah dalam aspek finansial keuangan yaitu adanya realisasi pencapaian atas target sasaran dan pelaksanaan sesuai dengan alokasi anggaran yang telah ditetapkan dalam APBD tahun 2020,” tembahnya.

Pihaknya menyoroti dan mengapresiasi pendapatan daerah meliputi pajak daerah retribusi daerah pendapatan transfer daerah dari pemerintah provinsi dan pusat dana bagi hasil pajak. “ kami mengapresiasi capaian tersebut atas pengelolaannya oleh pemerintah daerah,” ucapnya

Wakil Bupati Sintang Sudiyanto menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin sangat baik antara eksekutif dan legislatif. Ia berhrap kerjasama tersebut dapat terus tumbuh sehingga tercipta kondisi yang kondusif guna mendukung jalannya aktivitas pemerintahan, ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Sintang.

“Kami juga berterimakasi atas apresiasi yang diberikan atas capaian pendapatan daerah pada tahun anggaran 2020 yang lalu. Dengan segala keterbatasan dan tantangan saat ini, kita akan terus bekerja secara optimal dalam rangka melaksanakan pembagunan daerah di Kabupaten Sintang,” pungkasnya.

__Terbit pada
12/07/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya