Pedagang Masuka Surati Disperindagkop Sintang

Kepala Disperindagkop Sintang, Sudirman

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Sintang, Sudirman mengatakan pihaknya telah menerima surat dari pedagang los Pasar Masuka  pada 24 Mei 2021 lalu. Surat tersebut berisi keluhan pedagang terhadap agen yang dinilai melanggar kesepakatan. Seperti banyak agen ikan dan daging yang tetap buka diluar batas yang telah disepakati.

“tanggal 24 Mei 2021 yang lalu para pedagang los Pasar Masuka mengirim surat kepada kami, surat mereka berisi keluhan akan masalah yang terjadi di Pasar Masuka seperti banyak agen ikan dan daging yang buka sampai jam 09.00 WIB, padahal ada kesepakatan antara agen dan pengecer, bahwa agen hanya buka sampai jam 06.00 WIB saja,” ujar Sudirman di Langkau Kita, Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, Selasa 29 Juni 2021.

Lalu juga keluhan terhadap agen yang masih melayani pembelian dibawah 3 kg. Serta adanya pedagang yang jualan di luar tempat yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Juga banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang jalan masuk dan tempat parkir. Serta mengeluhkan kondisi kebersihan pasar yang tidak maksimal dilakukan pemeliharaan.

“Kita memahami keluhan para pedagang. Karena menyebabkan barang dagangan mereka menjadi tidak laku. Dan kami sudah mengidentifikasi masalah yang ada di Pasar Masuka,” kata Sudirman.

Menindaklanjuti hal itu, ia pun mengatakan sudah mempersiapkan beberapa solusi. Di antaranya ada pedagang yang akan siapkan tempat di dalam Pasar Masuka.

Terkait pedagang berjualan di luar pasar yang sebenarnya dilarang untuk dijadikan tempat berjualan, ia mengatakan akan segera melakukan penertiban dan penataan.

“Kami mengharapkan rekan-rekan OPD lain mendukung kami sesuai tugas pokok dan fungsinya. Kami juga setuju jika OPD terkait menugaskan personilnya untuk setiap hari berada di posko yang ada di Pasar Masuka, agar tidak ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Wakil Bupati Sintang Sudiyanto meminta OPD segera menindaklanjuti keluhan pedagang di Pasar Masuka agar kegiatan perdagangan didaerah tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“perlu kita tindaklanjuti dan kita benahi lagi pasar masuka termasuk area parkir agar tidak mengganggu akses disana,” ujarnya.

 

__Terbit pada
29/06/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya