Sinto : Masyarakat Harus Tau Bahaya dan Pencegahan Dini Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dokter Hary Sinto Linoh mengatakan sangat penting masyarakat mengatongi pemahaman  tentang bahaya covid 19 dan pencegahan dini harus terus dilakukan agar terhindar dari covid 19.

“Masyarakat harus tau bahaya covid-19 agar selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan dan tetap menjaga kesehatan selama masa pandemi ini,” ujar Sinto, Selasa 15 Juni 2021.

Dia menegaskan melawan pandemi covid-19 merupakan tanggung jawab semua pihak. Pemerintah tidak dapat melakukan upaya pencegahan sedirian tanpa dukungan dan peran serta masyarakat. Maka dari itu Sinto mengimbau kepada segenap elemen masyarakat saling mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Laksanakn prokes 5M, mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghidari kerumunan dan membatasi mobilitas. Penerapan prokes upaya terbaik kita sama-sama memuntuskan mata rantai penyebaran covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak mengatakan penegakan protokol kesehatan tidak ada tawar menawar. TNI dan Polri jelasnya, diperintahkan presiden untuk mendukung seluruh kebijakan pemerintah.

“Satgas ini diisi dengan komposisi yang lengkap. Lakukan penertiban tidak hanya kepada orang tetapi juga tempat keramaian. Kemudian lakukan pembatasan jam operasional ditempat-tempat keramaian.” kata AKBP Ventie Bernard Musak.

Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, berharap kebersamaan yang dibangun selama ini guna Sinergitas Pemda, TNI, POLRI dalam upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Sintang secara maksimal dan didukung oleh masyarakat Luas.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang, Bernard Saragih mengatakan pihaknya  telah melaksanakan berbagai upaya berupa pengawasan dan perijinan kegiatan masyarakat, sampai dengan pembuatan pos penyekatan. Menurutnya, sesuai dengan PPKM mikro aktivitas kegiatan mengintensifkan ditingkat desa dan kecamatan.

“Ada kencenderungan masyarakat tidak mau dirawat di tempat isolasi, sehingga ada yang menghendaki isolasi mandiri di rumah hal itu bisa dilakukan, asalkan diawasi posko desa dan tenaga kesehatan setempat,” kata Bernard Saragih.

Ditegaskan Bernard Saragih, pihaknya meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, jangan lengah dan tetap waspada .

 

 

__Terbit pada
15/06/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya