Dinkes Sintang Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr Harysinto Linoh mengimbau kepada masyarakat agar mensukseskan program vaksinasi di Bumi Senentang. Selain disiplin protokol kesehatan, Vaksinasi adalah upaya pemerintah dalam penangulangan pandemi covid-19

Oleh karenanya Sinto mengimbau keapda segenap elemen masyarakat bersedia dan tidak takut divaksin karena pemerintah menjamin vaksin telah melalui uji klinis sehingga aman dan halal.

“pemerintah tidak mungkin mau mencelakan masyarakatnya, jadi vaksin ini aman sudah melalui uji klinis,” ujarnya belum lama ini.

Ia mengaku capaian vaksinasi saat ini masih rendah, bahkan untuk tenaga kesehatn belum 100 persen. Pihaknya dilapang kerap mendapati masyarakat yang enggan divaksin karena takut.

“saya sudah divaksin, tidak sakit tidak ada gejala yang gimana-gimana hanya ngantuk dan lapar saja saat itu. Respon tubuh tiap orang berbeda, ada yang lapar, ngantuk atau pegal- pegal  dan deman setelah divaksin, bahkan ada yang tidak mendapat efek samping sama sekali. itu semua biasa  anak-abak habis imunisasi juga deman,” jelasnya.

Meski begitu sebelum divaksin seseorang harus melalui pemeriksaan kesehatan, ada beberapa jenis penyakit yang memang harus ditunda pemberian vaksin bahkan ada penyakit penyerta yang tidak boleh diberikan vaksin.

“memang ada peryaratan yang harus dipenuhi untuk seseorang layak divasin, maka pada proses vaksinasi ada tahapan yang dimuali dari pendaftaran, cek kesehatan wawancara dan lain sebagainya yang dibutuhkan. Hal ini penting untuk mengetahui seseorang layak atau tidak untuk divaksin,”terangnya.

Sinto menerangkan pemberian vaksin kepada masyarakat dilakukan juga dengan bekerjasama dengan puskesmas, masyarakat yang takut divaksin banyak ditemui dilapangan. “ sehingga kita perlu kerjasama baik pihak puskesmas, forkopincam, tokoh masyarakat dan lain-lain untuk memberikan pemahaman tentang manfaat vaksin covid-19,” terangnya.

Saat ini kata Dinas kesehatan Kabupaten Sintang tengah memberikan pelayan vaksin kepada usia lanjut atau lansia. Pihaknya  telah memberikan kemudahan kepada para lansia dengan mengunjungi Puskesmas terdekat berdasarkan jadwal yang telah diatur oleh Puskesmas.

Dari jumlah 194 lansia di tiga Desa yang berada di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang baru 39 orang yang dapat diberikan vaksin covid-19 karena tidak memenuhi, ada yang harus ditunda dan ada yang memang tidak dapat diberikan vaksin.

__Terbit pada
12/06/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya