Dinkes Sintang Percepatan Vaksinasi Khusus Lansia

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh

SINTANG [ www.mediakapuasraya.com]- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh menyampaian program percepatan vaksinasi khusus lansia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).  Sinto menjelaskan program tersebut adalah dengan membawa 2 orang lansia untuk divaksin, maka anak muda yang mengantarkannya bisa turut menjalani vaksinasi Covid-19.

“Anak muda bisa divaksin Covid-19 jika membawa dua lansia dengan umur minimal 60 tahun atau lebih untuk menjalani vaksinasi. Dengan syarat, sudah berumur 18 tahu ke atas dan dalam keadaan sehat,” terangnya.

Sinto menyampaikan dengan adanya program tersebut, ia mengajak masyarakat Kabupaten Sintang ikut berpartsipasi mensukseskan vaksinasi lansia tersebut. Karana, vaksinasi merupakan salah satu program untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi silakan jika punya kenalan lansia, bawa ke Dinas Kesehatan Sintang agar divaksin. Dengan demikian kamu juga bisa diikut divaksin juga. Ini penting untuk kita sama-sama berparan membantu percepatan vaksinasi khusus lansia,” tegasnya.

Sinto juga menyampaikan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) 5 M dalam kegiatan sehari-hari. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Khusus anak muda, kurangi aktivitas yang tidak perlu seperti nongkrong di warung kopi. Kalaupun harus beraktivitas di luar rumah, tetap mematuhi prokes. Tetap pakai masker dan menjaga jarak,” tegasnya.

Sementara itu, jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sintang per 4 Juni 2021 sebanyak 2.291 orang.  Sebanyak 2.067 orang sudah dinyatakan sembuh. Dan 107 orang meninggal dunia.

Saat ini, yang sedang menjalani perawatan sebanyak 133 orang. 47 orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade M Djoen Sintang. 67 orang menjalani perawatan di Rusunawa. 43 orang dirawat di Ruang Isolasi Mandiri (RIM) Diklat di Jalan Oevang Oeray. Serta sebanyak 117 orang menjalani isoman.

__Terbit pada
05/06/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya