Aparatur Desa  DiharapkanTingkatkan SDM

Anggota DPRD Sintang, Herinius Laka

SINTANG [ www.mediakapuasraya.com]- Anggota DPRD Sintang, Herinius Laka mengharapkan kinerja aparatur desa di Bumi Senentang di tahun 2021 mengalami peningkatan. Pihaknya di Komisi A, terus mendorong juga terus mendorong peningkatan kinerja aparatur yang dimaksud.

Desa sebagai wilayah otonom yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, diharapkan terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) aparaturnya. Dengan SDM yang tinggi, tentu akan berdampak pada pengelolaan desa yang baik dan kesejahteraan masyarakat.

Herinus Laka menyampaikan bahwa pihaknya sangat berharap kinerja aparatur desa meninggakat dan masing-masing desa memiliki produk unggulan untuk desanya.

“Kami sangat berharap kinerja apatur desa meningkat, apa lagi di desa binaan. Masing- masing desa harus bisa memiliki produk unggulan untuk desanya dan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada,” tegasnya.

Herinus Laka menjelaskan untuk Kecamatan Dedai, mengingat terbatasnya air bersih di banyak desa. Pihaknya akan mengupayakan adanya pembangunan sumur bor di desa-desa tersebut.

“Kami juga akan memperjuangkan perbaikan dan peningkatan beberapa jembatan yang sudah rusak,” terangnya.

Herinus Laka juga menambahkan banyaknya perangkat desa yang hadir dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Kecamatan Dedai sangant bagus. Tingkat kehadiran yang banyak ini, menunjukkan antusias tinggi dari para pimpinan desa dalam berkomunikasi untuk mengusahakan pembangunan di wilayahnya.

“Saya bangga sekali dengan antusias masyarakat dalam mengikuti Musrenbang ini. Agar program pembangunan bisa terlaksana, memang harus ada komunikasi yang jelas antara pihak desa, OPD terkait dan DPRD,” sambungnya.

Herinus Laka menyampaikan dalam melaksanakan program pembangunan, aparatur desa memperhatikan kualitas, kuantitas dan aspek administratif pekerjaan di wilayahnya. Selain itu, ia juga mengingatkan, agar desa membuat BUMDes untuk menyangga ekonomi masyarakat.

Herinus Laka juga menyampaikan agar pengolaan Anggaran Dana Desa (ADD) dilakukan dengan transparan. Serta dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh untuk membangun desa. Baik itu infratsruktur atau membantu masyarakat setempat. Jangan sampai ADD malah digunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

“Tapi gunakanlah ADD itu itu kepentingan masyarakat. Jangan disalahgunakan,” tegasnya.

__Terbit pada
22/04/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya