Destinasi Wisata Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang mewacanakan Kecamatan Sepauk menjadi Wisata Kota Tua. Sepauk dipandang kaya nilai historis dan punya banyak peninggalan benda-benda bersejarah.

Dalam catatan sejarah, Sepauk juga merupakan lokasi bermukim Aji Melayu yakni bapak moyang dari para Raja Kerajaan Sintang.Hingga kini benda-benda peninggalan sejarah masih dalam kondisi terawat dan baik. Beberapa diantaranya tonggak-tonggak rumah zaman kerajaan awal sebelum pindah ke Keraton Sintang. Tonggak-tonggak kayu belian itu masih utuh dan awet.

Sejarah mencatat, hari jadi kota Sintang yang diperingati setiap tanggal 10 Mei erat kaitannya dengan hijrahnya sosok Jubair Irawan I beserta pengikutnya. Sosok pendiri Kota Sintang ini hijrah dari Kerajaan Sepauk ke titik pertemuan alur Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang sekarang menjadi Keraton Al Mukarramah Sintang.

Dengan mempertimbangkan fakta tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih mengatakan bahwa Sepauk yang merupakan cikal bakal Kerajaan Sintang, sangat layak dijadikan objek wisata kota tua.

“Saya sangat setuju dan mendukung wacana sepauk di Jadikan Wisata Kota Tua di Kabupaten Sintang. Tunbuhnya destinasi wisata baru akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat,” ungkapnya saat ditemui di DPRD Sintang kemarin.

Di Sepauk, sarat nilai edukasi sejarah. Status Wisata Kota Tua tentu berdampak positif terhadap Kecamatan Sepauk dan Kabupaten Sintang.”Melalui Wisata Kota Tua, kita bisa memperkenalkan sejarah Sintang kepada generasi muda. Termasuk kepada tamu-tamu dari luar Sintang,” katanya.

Tuah juga berpesan agar institusi pendidikan selain mengajarkan sejarah bangsa Indonesia. Juga menjelaskan sejarah Kabupaten Sintang. Jangan sampai anak muda tidak tahu sejarah daerahnya sendiri. “Karena, sejarah adalah bagian penting dari peradaban kita termasuk Kabupaten Sintang,” ucapnya.

Dikatakan Tuah, Status Wisata Kota Tua juga akan menunjang sektor pariwisata Kabupaten Sintang. Sepauk bisa menjadi destinasi wisata bagi para pelancong saat berkunjung ke Sintang. Jika pariwisata di Kabupaten Sintang, khususnya diwilayah Kecamatan Sepauk sudah maju dan berkembang, tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar Sepauk ini.

“Ketika pariwisata maju dan berkembang. Tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” jelasnya.

__Terbit pada
30/03/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya