Dukung Upaya Pemda Pemulihan Ekonomi

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny menyatakan pihaknya  sangat mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Sintang dalam mendorong peningkatan sektor pertanian sebagai upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid,-19. Pihaknya sependapat peningkatan sektor pertanian dinilai sangat berpeluang meningkat kesejahteraan masyarakat.

“Potensi pertanian di daerah kita masih cukup besar. Sudah seharusnya pemerintah daerah membantu petani mengatasi kendala-kendala yang selama ini dihadapi agar usaha di bidang ini bisa semakin berkembang, apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini,” kata Ronny, Jumat 19 Maret 2021.

Politisi Nasdem ini menyampaikan bahwa Kabupaten Sintang memiliki luas wilayah 21.638 km2 yang terdiri atas 14 kecamatan dengan 16 kelurahan dan 391 desa. Wilayah terluas adalah Kecamatan Ambalau dengan 6.384,40 km2 dan wilayah terkecil adalah Kecamatan Sintang dengan 277,05 km2.

Dengan jumlah luas wilayah tersebut, tentunya membutuhkan ketersediaan bahan pangan yang banyak pula. “Sayangnya, sebagian pemenuhan kebutuhan itu masih didatangkan dari luar daerah karena belum mencukupinya produksi petani lokal,” tandasnya.

Hal ini menjadi gambaran bahwa masih besarnya peluang usaha di bidang pertanian. Untuk itu masyarakat didorong untuk meningkatkan produksi pertanian dengan harapan bisa mendapatkan penghasilan.

Misalnya, sebut Ronny, pada saat Sekda Sintang melakukan panen cabe dan jeruk sambal di Desa Baning Panjang, Kecamatan Kelam Permai. “Jadi, komuditas ini juga memiliki potensi produktivitas dengan skala besar, sehingga saya mendukung upaya pemerintah daerah menggalakkan budidaya tanaman cabe dan jeruk sambal,” katanya.

Secara umum Ronny menilai potensi bidang pertanian di Kabupaten Sintang masih sangat besar. Banyak komoditas lain yang juga permintaannya tinggi sehingga menjadi peluang pasarnya sangat terbuka.

“Pengembangan sektor pertanian dan perkebunan di daerah kita sangat potensial sekali. Untuk itu kita mendorong peningkatan sektor perkebunan dan pertanian. Apalagi dua sektor tersebut tidak begitu berdampak pada masa pandemi sekarang ini. Kita banggga harga komoditi karet dan sawit tetap bertahan dengan harga yang cukup baik,” jelasnya.

 

__Terbit pada
20/03/2021
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya