Buka RAT CU Bima Tahun Buku 2020, Ini Kata Yustinus

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus, pengawas dan manajemen serta seluruh anggota Credit Union Bina Masyarakat (CU Bima) yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020 di Balai Kenyalang Sintang, Sabtu (20/2/2021).

Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yustinus saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa, RAT merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap koperasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“RAT bagi koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan karena merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh koperasi untuk menyampaikan pertangungjawaban pengurus dan pengawas kepada seluruh anggota,” tegasnya.

Ia mengatakan, bahwa Koperasi sebagai badan usaha yang berdasarkan atas asas kekeluargaan harus dapat memberi jawaban yakni terciptanya kesejahteraan bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Kopdit Bima sebagai koperasi sekunder tentunya menjadi motor penggerak dengan mengambil peran yang tidak sedikit yaitu, bagaimana membangun sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki oleh kopdit-kopdit yang mempunyai kekhasan tersendiri dengan fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan anggota yang terhimpun pada masing-masing koperasi kredit, ” ungkap Yustinus.

Yustinus berharap, berbagai strategi dan pola kebijakan yang dikembangkan secara sadar dapat mengikat loyalitas dan kepercayaan masyarakat serta menjadikan koperasi kredit sebagai sebuah lembaga keuangan non bank yang menciptakan investasi bagi anggota koperasi melalui program simpanan/tabungan secara terencana.

Sisi lain adanya penyediaan modal yang memadai akan memudahkan para anggota untuk mendapatkan layanan pinjaman yang dapat digunakan untuk mengembangkan aktivitas ekonomi yang lebih produktif.

“kami memberikan apresiasi kepada Kopdit Bima yang telah berperan mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah kabupaten sintang,” ucap Yustinus.

Ia meminta, CU Bima terus berjuang dengan spirit bekerja sama dan sama-sama bekerja membangun kopdit untuk lebih baik lagi. “kami juga berharap kopdit Bima kedepan mampu maju dan berkembang untuk bisa memberikan kemanfaatan bagi kesejahteraan seluruh anggotanya,” harap Yustinus.

“semoga dengan terlaksananya RAT di tengah pandemi covid-19 ini, pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi bisa tetap diaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan baik,” pesan Yustinus.

Anselmus, mewakili Kadis koperasi dan UKM provinsi kalbar mengatakan RAT merupakan suatu tolak ukur untuk keberadaan koperasi yang aktif dan mampu dalam pengelolaan keanggotaannya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Ini. RAT merupakan kegiatan laporan dari pengurus dan pengawas yang terus aktif mengevaluasi kinerja koperasi,” ujarnya.

Ia mengaku bangga dengan CU Bima yang tetap eksis meski pada masa pandemi covid-19. Ia berharap RAT tersebut mampu mengayomi kinerja pengurus dan anggota dalam pengembangan CU Bima kedepan.

“Saat ini banyak koperasi yg mengalami kesulitan melaksanakan kewajiban dalam mengayomi anggota yang mana saat sekarang berdampak langsung ke angota koperasi akibat penademi covid-19 saat ini, namun Cu Bima cukup eksis mampu mengembangkan aset dan menambah anggota nya pada masa pandemi sekarang ini,” puji Anselmus.

Maka dari itu, Anselmus mendorong semua koperasi dapat membuat terobosan baru di tengah pandemi covid-19.

“kita harus tetap eksis dan mampu berkembang dalam pengelolaan aset dan pengembangan anggota koperasi, seperti keberhasilan CU Bima ini,” tutup Anselmus.

Hadir dalam RAT tersebut, Bupati Sintang terpilih, Jarot Winarno, Kadisperindag Sintang, Sudirman serta Pengurus, Pengawas dan Manajemen serta anggota CU Bima. (Mo)

 

__Terbit pada
21/02/2021
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.