PWI Sintang Gelar Pelatihan Pra UKW

SINTANG [www.mediakapuasraya.com] – Sebanyak 12 wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sintang, mengikuti pelatihan jurnalistik Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Sabtu (13/2) di Aula Diskominfo Kabupaten Sintang.

Pelatihan Jurnalistik Pra UKW ini, digelar PWI Kabupaten Sintang untuk mempersiapkan para anggotanya, yang akan mengikuti UKW di Pontianak, pada 26 – 28 Februari mendatang. Pelatihan jurnalistik Pra UKW yang dilaksanakan PWI Kabupaten Sintang tersebut, disampaikan langsung oleh Ketua PWI Kabupaten Sintang, Tantra Nur Andi.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan jurnalistik bagi para wartawan yang akan mengikuti UKW di Pontianak,” kata Tantra Nur Andi, yang juga sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut.
Tantra mengatakan, pelatihan yang berlangsung selama sehari itu, membahas tentang berbagai teori jurnalistik dan kisi – kisi agar bisa lulus dalam UKW. Sebelum mengikuti UKW, lanjut Tantra, para wartawan yang tergabung dalam PWI Kabupaten Sintang, memang dilatih secara khusus, agar bisa menjawab semua pertanyaan penguji saat UKW nanti.

“Berbagai teori jurnalistik, mulai dari perencanaan liputan, teknik wawancara, teknik reportase, kode etik jurnalistik, evaluasi liputan, menulis berita sampai pada bagaimana membangun jaringan telah saya sampaikan, sebagai bekal para wartawan untuk mengikuti UKW,” ungkap Tantra.

Dikatakan Tantra, tujuan dilaksanakannya pelatihan Pra UKW ini, yakni untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang menjadi anggota PWI Kabupaten Sintang, meningkatkan ketaatan wartawan pada kode etik jurnalistik demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan. Selain itu, pelatihan jurnalistik ini juga untuk mewujudkan visi PWI Kabupaten Sintang, yaitu bersama PWI, Wartawan Profesional, Bermartabat dan Beretika.

Masih kata Tantra, wartawan Antara yang telah lulus UKW Utama, kisi – kisi agar bisa lulus dalam UKW juga disampaikan secara detail pada para peserta pelatihan Pra UKW ini. “Saya juga membahas materi – materi jurnalistik yang biasa diujikan dalam UKW pada para peserta,” katanya.

Tantra berharap, dengan pelatihan Pra UKW ini, 12 anggota PWI Kabupaten Sintang menjadi siap untuk mengikuti UKW di Pontianak. “Saya berharap semua anggota PWI Kabupaten Sintang dapat mengikuti UKW dengan baik dan lulus,” harapnya. (Mo)

 

__Terbit pada
13/02/2021
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.