Cegah Covid-19, Ronny : Ikuti Anjuran Pemerintah

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Tidak lama lagi umat muslim di Indonesia akan melaksanakan lebaran idul Fitri 1441 Hijriyah. Dampak pandemi virus Corona lebaran idulfitri tahun ini dipastikan tidak akan semeriah tahun yang sudah berlalu.

Budaya berkunjung ke rumah-rumah untuk bersilahturahmi pun tidak dapat dilaksanakan secara besar-besaran.  Umat muslim pun dihimbau untuk dapat melaksanakan ibadah di rumah saja dan merayakan lebaran idul Fitri bersama keluarga. Pemerintah daerah juga melarang adanya mudik lebaran tahun 2020 ini hal ini untuk mencegah penyebarluasan virus Corona.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Florensius Ronney mengaku prihatin dengan kondisi saat ini. Dia pun berharap demi virus Corona segera berakhir sehingga aktivitas dapat dilakukan seperti sedia kala. Untuk mencegah penyebarluasan virus corona, legislator nasdem inipun mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah.

“mungkin kita tidak dapat melaksanakan lebaran idul Fitri kali ini seperti tahun-tahun yang sudah lalu, tidak dapat bersilahturahmi kerumah-rumah, karena saat ini kita masih menghadapi wabah virus Corona, namun ini tidak mengurangi tali silahturahmi, ” ujarnya kemarin.

“saya secara pribadi dan keluarga mengucapkan selamat hari raya idul Fitri 1441 hijriah kepada seluruh saudara-saudaraku umat muslim kabupaten Sintang mohon maaf lahir dan batin mari tetap kita pererat tali silaturahmi keluarga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah menjaga jarak dengan menggunakan masker,” ucapnya.

Tahun 2020 ini perayaan lebaran idul Fitri tentu akan sangat berbeda. Ronny mengajak masyarakat dapat menerima dan menjalankan anjuran yang telah ditetapkan pemerintah.

“tentu kita semua berharap pandemi virus Corona ini segera berakhir sehingga kita dapat melaksanakan segala aktivitas kita seperti sedia kala. Tetap perhatikan protokol kesehatan, sediakan tempat cuci tangan di luar rumah, jaga jarak dan gunakan masker. Lakukan upaya untuk melindungi diri dan keluarga,” pesannya.

Selain berpesan demikian, Politisi Partai Nasdem itu juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan tetap menjalankan ibadah Sholat Ied berjamaah, agar mematuhi protokol kesehatan yang telah dihimbaukan oleh pemerintah.

“Beberapa hari lalu kita telah berdialog dengan para ulama Sintang, dan kita sepakat mengenai beberapa aturan dalam peringatan dan perayaan idul fitri di Sintang ini, mulai dari tidak melakukan takbiran keliling kampung, saat bersilahturahmi tetap dengan menjaga jarak, pihak masjid harus melakukan penyemprotan disinfektan untuk kelengkapan sholat, juga menyediakan sarana cuci tangan bahkan umat muslim harus menjaga jarak saat sholat Ied,” kata Ronny lagi. “Tolong ini kita perhatikan bersama demi keselamatan kita semua. Bersama, kita bisa lawan covid 19,” tegasnya. (mo)

__Terbit pada
22/05/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya