Lawan Corona, Masyarakat Diminta Proteksi Diri

Anggota DPRD Sintang, Welbertus. (FOTO:TIMO)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus, mengimbau kepada setiap orang harus memproteksi diri di tengah pandemi Covid-19  agar tidak terpapar virus tersebut.

“Salah satu caranya, menjaga imunitas tubuh dan jangan panik. Jalankan protokol kesehatan sepeti rajin cuci tangan, jaga jarak dan budayakan gunakan masker saat beraktifitas di luar rumah,” ujarnya belum lama ini.

Dia menilaikKesadaran masyarakat Kabupaten Sintang untuk menggunakan masker masih rendah dan memprihatinkan. Padahal ini salah satu cara mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. “Masih banyak kita temui di lapangan, banyak masyarakat yang berada di pasar tradisional maupun di pusat perbelanjaan, supermarket dan lainnya, tidak memakai masker,” ujarnya.

Pemerintah pusat dan daerah tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker jika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah. Terlebih hingga saat ini, sudah ada dua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Yang berarti potensi penularan virus mematikan itu sangat tinggi.

Sayangnya, masih banyak warga yang mengabaikan anjuran menggunakan masker. Warga seolah-olah menganggap remeh wabah virus mematikan yang mudah menular tersebut.

Menurutnya, kondisi ini tentu harus menjadi perhatian kita bersama, terutama Gugus Tugas Covid-19 Sintang. Diharapkan perannya dapat lebih optimal dalam memberikan edukasi dan sosialisasi terkait dampak virus mematikan ini.

“Dengan terus memberikan imbauan hingga teguran kepada semua pihak saya rasa masyarakat akan dengan sendirinya memahami. Namun, sebelum itu harus diberikan pemahaman terkait dampak dan bahaya Covid-19 bagi masyarakat,” katanya.

“Suksesi program pencegahan COVID-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi juga tanggung jawab pengelola pusat-pusat perbelanjaan sehingga angka penyebaran COVID-19 bisa terus kita tekan,”pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
01/05/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya