Dewan Dorong Peningkatan Mutu Pendidikan di Sintang

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang memberikan perhatian serius terhadap dunia pendidikan.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Sandan mengatakan pendidikan merupakan hal yang krusial dalam menunjang pembangunan. Maka dari itu peningkatan mutu pendidikan baik di perkotaan maupun perdesaan harus dilakukan. Sebab mutu pendidikan akan berimbas pada penyiapan generasi mendatang yang siap untuk memajukan pembangunan di daerah.

“ dalam upaya peningkatan perluasan akses dan mutu pendidikan masih dirasakan adanya permasalahan antara lain banyaknya ruang belajar yang rusak,  kurangnya rumah dinas guru termasuk yang ada pun sudah banyak yang rusak,” kata Sandan di Kantornya baru-baru ini.

Maka dari itu kata Sandan DPRD Sintang merekomendasikan program pembangunan maupun perbaikan rumah dinas guru terutama di daerah perdesaan. Serta perlunya percepatan renovasi atau rehabilitas gedung sekolah yang rusak termasuk penambahan ruang kelas yang kurang.

Disamping itu banyak kursi dan meja belajar yang tidak layak pakai. Pihaknya merekomendasikan agar pemerintah daerah memaui instansi terkait programkan pengadaan meja kursi belajar murid. “upaya peningkatan mutu pendidikan harus didukung sarana dan prasarana yang memadai, imbuhnya

Politisi Gerindra ini juga mengatakan masih tidak meratanya penempatan tenaga pendidik terutama di daerah perdesaan. Semestinya penempatan guru PNS ataupun guru kontrak daerah hendaknya ditempatkan di daerah-daerah pedesaan yang kekurangan guru.

“Salah satu masalah di dunia pendidikan di Sintang adalah kekurangan guru dan permerataanya. Guru lebih banyak di perkotaan, di desa sangat minim. Ini jadi perhatian serius agar penempatan guru kedepan diprioritaskan pada daerah perdesaan yang kekurangan guru.

Pihaknya juga mendorong pemerintah memperhatikan kesejahteraan guru yang mengabdi di daearah pedalaman. Agar guru tetap semangat dan termotivasi untuk memberikan pendidikan yang baik sesuai standar mutu pendidikan saat ini.

“Fasilitas kesejahteraan tenaga pengajar dan fasilitas sekolah di daerah terpencil sangat penting demi menunjang kemajuan pendidikan dan kualitas sumber daya manusia yang handal,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
21/04/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya