Dewan Sintang Soroti Silpa di OPD

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sintang, Santosa

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) tahun anggaran 2019 yang terjadi di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) disoroti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang.

“dari isi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sintang tahun 2019 dan hasil pembahasan pansus DPRD dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sintang didapat data masih banyak OPD yang menyatakan keterbatasan ketersediaan dana anggaran sementara di sisi lain banyak kegiatan yang tidak terlaksana dan tidak terealisasi sehingga Silpa mencapai angka yang cukup besar,” ujar Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa di Kantornya Kamis (20/04/2020) lalu.

Menurutnya OPD yang memiliki Silpa tinggi tersebut masih memiliki potensi yang belum digarap secara maksimal. Karena itu, ke depan diharapkan mulai dari perencanaan hingga realisasi benar-benar dilakukan dengan baik.

“kita meminta agar penetapan Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) hendaknya diterapkan secara proporsional berdasarkan skala prioritas sesuai kebutuhan masyarakat dikaitkan dengan usulan pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang). Jadi program kegiatan dan plafon anggaran tiap-tiap OPD dilakukan oleh tim anggaran pemerintah daerah disesuaikan dengan KUA dan PPAS,” tegasnya.

Pihaknya juga minta penerbitan Peraturan Bupati (Perbup) atau surat keputusan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan dan anggaran hendaknya disusun dan diterbitkan menjelang akhir tahun anggaran sebelum atau paling lama bulan pertama pada tahun anggaran berjalan agar pelaksanaan anggaran dapat cepat terlaksana sehingga tidak menunggu pada bulan akhir tahun anggaran.

“Semoga hasil koreksi kita ini jadi bahan evaluasi Pemkab Sintang di OPD masing-masing, sehingga kedepan pelaksanaan progam dan realisasi anggaran lebih maksimal,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
19/04/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya