Dewan Sintang Respon Positif Pemberian Subsidi Internet untuk Pembelajaran Daring  

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Pemerintah pusat hingga daerah mengambil kebijakan meniadakan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk mengurangi interaksi yang dapat memberikan akses pada penyebarluasan virus Corona yang tengah mewabah.

Pemerintah daerah pun dipersilahkan membuat kebijakan alternatif pembelajaran yang dapat dijalankan siswa di rumah, sesuai dengan kondisi daerahnya masing-masing seperti, kegiatan belajar dari rumah secara daring, sayangnya di Kabupaten Sintang alternatif pembelajaran tersebut tidak dapat diterapkan merata di semua sekolah terutama sekolah di daerah pedalaman karena keterbatasan sarana dan prasarana pendukung. Sementara sekolah yang berada di kota semestinya dapat menjalankan alternatif pelajaran tersebut dengan baik.

Guna mensukseskan alternatif  pembelajaran tersebut, satu diantara Sekolah Menengah Atas di Kota Sintang yakni SMA N 1 Sintang, memberikan paket data untuk siswanya belajar di rumah selama Pendemi virus Corona saat ini. Subsidi penyediaan internet tersebut agar siswa betul-betul melaksanakan kegiatan belajar dari rumah secara online.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Ghulam Raziq menyambut baik kebijakan pihak sekolah dalam memberikan subsidi penyediaan internet untuk siswa  belajar di rumah.

“bantuan paket data ini akan meringankan beban mereka di tengah pademi virus corona sekarang ini,” ungkapnya di DPRD Sintang belum lama ini.

“Saya rasa tidak semua siswa di rumahnya punya layanan internet seperti wi-fi. Jadi ini adalah kebijakan yang baik,  dengan ada bantuan paket data, para siswa tetap dapat melaksanakan kegiatan belajar secara daeing dari rumah masing-masing. Artinya mereka tidak perlu keluar mencari layanan internet apalagi kita sekarang dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah,” ujar Raziq lagi.

Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengimbau kepada para siswa agar manfaatkan paket data tersebut betul-betul untuk kegiatan belajar seperti anjuran atau kebijakan alternatif pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah melalui sekolah masing-masing.

“pesan saya,  gunakan paket data tersebut untuk keperluan belajar dan menambah ilmu yang bermanfaat di rumah.  bukan digunakan untuk bermain game ataupun untuk mengakses hal-hal yang tidak bermanfaat,” pesannya.

Dia mendorong sekolah lainnya di Sintang supaya menerapkan kebijakan yang serupa untuk membantu siswa melaksanakan kegiatan belajar di rumah. “Kebijakan ini patut dicontoh oleh sekolah-sekolah lainnya, single kegiatan belajar  tetap berjalan lancar di tengah pandemi virus Corona sekarang ini,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
19/04/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya